PENERAPAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE UNTUK MENGATASI KONDISI PSIKOLOGIS AKIBAT PERCERAIAN ORANG TUA PADA SISWA SMA 1 JEKULO KUDUS

Nugroho, Wahyu (2013) PENERAPAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE UNTUK MENGATASI KONDISI PSIKOLOGIS AKIBAT PERCERAIAN ORANG TUA PADA SISWA SMA 1 JEKULO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (181kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (646kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (208kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (298kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (152kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB)

Abstrak

Nugroho, Wahyu.2013, “PenerapanKonseling Rational Emotive UntukMengatasiKondisiPsikologisAkibatPerceraian Orang TuaPadaSiswa SMA 1 Jekulo Kudus”.Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Drs. H.Sucipto, M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing II Dra. Sumarwiyah, M.Pd.Kons. Kata Kunci:Konseling RET, KondisiPikologis Latarbelakangpenelitianadasebagiansiswa SMA 1 Jekulo Kudus tahunpelajaran 2012/2013 yang mengalamitekananpsikologisepertitumbuh rasa tidakamandankemurunganberkepanjangansehinggaseringkalimalassekolahdanbelajar, merasarendahdiridanmenutupdiridaripergaulandenganteman-temansekolahnya, halinikarena orang tuamengalamiperceraian. Rumusanmasalah: BagaimanapenerapankonselingRET dapatmembantumenanganidampakpsikologispadasiswayang orang tuanyamengalamiperceraiandi SMA 1 JekuloKudus TahunPelajaran 2012/2013?Tujuanpenelitian: 1. Menemukanfaktor-faktorpenyebabdampakpsikologispadasiswa yang orang tuanyamengalamiperceraian. 2. Untukmengetahuipenerapankonseling RET dalammembantumenanganidampakpsikologispadasiswayang orang tuanyamengalamiperceraian. Kegunaanpenelitian: 1. KegunaanTeoritis: Menambahkhasanahperpustakaan. 2. KegunaanPraktis: a. BagiKepalaSekolah, sebagaimasukantentangpentingnyapemberianlayananbimbingandankonselingbagisiswa yang tertekansebagaidampakpsikologis. b. BagiKonselor, masukanbagikonselordalammengatasidampakpsikologiskarenaperceraian orang tua. c. BagisiswaMembantumenghilangkandampakpsikologis yang timbulkarenaperceraian orangtua. d. Bagipenelitidijadikanpengalamandalammengatasidampakpsikologiskarenaperceraian orang tua. Perceraianmerupakankulminasidaripenyesuaianperkawinan yang buruk, yang terjadiapabilaantarasuamidanistrisudahtidakmampulagimencaricarapenyelesaianmasalah yang dapatmemuaskankeduabelahpihak. Akibatperceraian,berdampaknegatifterhadapkondisipsikologisanak, seperti; perasaansedih, rasa kehilangan, kesulitanpenyesuaiandiri, kesulitanbelajar, ataupenarikandiridarilingkungansosial.Pengentasannyamelaluikonseling RET untukmemperbaikidanmerubahsikapdancaraberpikir yang irasionaldantidaklogismenjadipandangan yang rasionaldanlogis, melaluiteknikpersuasif, reinforcement, dan social modeling.Hipotesis: Penerapankonseling RET dapatmembantumenanganidampakpsikologisklien yang orang tuanyamengalamiperceraian. Jenispenelitianadalahpenelitiankualitatifdeskriptifdenganpendekatanstudikasus. Tempatpenelitian di SMA 1 Jekulo Kudus.Teknikpengumpulan data wawancara, observasi, dandokumentasi.Teknikanalisis data induktif system Bacon, yaitupenelitimengumpulkanfaktor-faktortentangkondisikonseli, kemudianbarudapatditarikkesimpulantertentuataupemecahanmasalah.Subyekpenelitian AAR, JS dan AG. Hasilpenelitian: Klien I (AAR) mengalamitekananpsikologisyaitumerasarendahdiriuntukbergauldenganteman-temansekolahkarenaperekonomian orang tuakurangmampudansulitberkonsentrasidalambelajar. Melaluikonseling RET teknikpersuasifklienmaumembukadiridalampergaulandanmotivasibelajarnya pun meningkat. Klien II (JS) mengalamitekananpsikologisyaitumenutupdiridanpasifdalamkegiatanbelajar.Melaluikonseling RET teknikReinforcementklienterlihatrileks, tenang, sertalebihpercayadiri. Klien III (AG) mengalamitekananpsikologissepertimurung, menutupdiridaripergaulan, rendahdiri, dantidakberminatdalambelajar.Melaluikonseling RET tekniksosial modeling kliendapatmerubahperilakumenjadilebihbaikdarimencontohperilaku model. Simpulanfaktor internal daneksternal yang mempengaruhikondisipsikologisklien I (AAR) rendahdiridanfaktorekonomi orang tua yang kurangmampu. Klien II (JS) kurangpercayadiri, danhubungan interpersonal dengan orang tua yang kurangharmonis. Klien III (AG) rendahdiridankonsepdirinegatifdantidakberminatdalamkegiatanbelajarserta orangtua yang seringcekcok. Disarankanbagisekolahmemonitoringdanevaluasiterhadapperilakusiswa, bagikonseloruntukmemberikankonseling RET menggunakanteknik yang tepat, bagisiswauntukterbukadankooperatifdengankonselor, orang tuatetapmemberikanperhatiandenganmenerapkankedisiplinandanmenciptakansuasananyaman, danuntukpenelitiselanjutnyauntukmemperbakiteknikkonseling RET.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Nama :Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 24 Feb 2014 07:28
Last Modified: 24 Feb 2014 07:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2174

Actions (login required)

View Item View Item