LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN TATA KRAMA SISWA KELAS VIII H SMP 1 JATI KUDUS SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Pornamawati, Indah (2013) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN TATA KRAMA SISWA KELAS VIII H SMP 1 JATI KUDUS SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (146kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (35kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (81kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (130kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (817kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (278kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (15kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka ) - Accepted Version
Download (24kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB)

Abstrak

Indah Pornamawati. 200931149. LayananBimbinganKelompokUntukMeningkatkan Tata KramaSiswaKelas VIII H SMP 1 Jati Kudus Semester GenapTahunPelajaran 2012/2013. Skripsi Program StudiBimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: (i) Drs. SabarRutoto, M.Pd., (ii) Drs. Arista Kiswantoro. Kata Kunci : Tata Krama, Bimbingan Kelompok. Berdasarkanhasilobservasidanwawancara di SMP 1 Jati Kudusdiperolehhasil yang menunjukkanmasihadabeberapasiswa (delapansiswa) yang tatakramanyarendahsehinggadiperlukanupayabantuanmelaluilayananbimbingankelompok. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan tatakramasiswa kelas VIII H SMP 1 Jati Kudus Semester GenapTahun Pelajaran 2012/2013?. Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikantatakramasiswa di sekolahsebelumdansesudahdiberikanlayananbimbinganpadasiswakelas VIII H SMP 1 Jati Kudus, 2.Mengetahuiataumenemukanseberapabesarpeningkatantatakramasiswa di sekolahmelaluilayananbimbingankelompokpadasiswakelas VIII H SMP 1 Jati Kudus. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Teoritis: hasil penelitian ini dapat memberikankontribusidalammemperluasdanmemperdalamilmupengetahuantentanglayananbimbingandankonseling. Dapat digunakansebagaibahanreferensiuntukpenelitiandalammenumbuhkantatakramasiswa. 2. Kegunaan Praktis: 1. Bagi Penelitisebagai acuhan untuk memberikandalammengarahkansiswasupayadapatmeningkatkantatakrama di sekolah.2. Bagi Siswa sebagaiacuandalammemperolehpengetahuandanwawasanbarutentangpentingnyameningkatkantatakramadanbagaimanacarauntukmeningkatkantatakrama. 3. BagiKonselor/Guru Pembimbingsebagaimotivasidalammeningkatkantatakramapadasiswanyadanjugamemberikan alternative dalammengarahkansiswauntukdapatmenumbuhkantatakramanyadansebagaikontribusidalampelaksanaanbimbingankelompokuntukmenyelesaikanmasalahtentangrendahnyatatakramasiswa. 4. BagiSekolahsebagaiacuanuntukmeningkatkankualitassikapmerekabaiksecara individual maupunkelompokdalamaspekapapun. Hipotesis penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan tatakramasiswakelas VIII H SMP 1 Jati Kudus Semester GenapTahunPelajaran 2012/2013. Lokasi penelitian ini di SMP 1 Jati Kudus mulai akhirApril sampai pertengahanMei 2013 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII H SMP 1 Jati Kudus. Dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa metode observasi sebagai metode pokok dan wawancara sebagai metode pendukung. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini adalah PTBK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak 2 siklus, siklus I sebanyak 3 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 3 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan tatakramasiswakelas VIII H SMP 1 Jati Kudus Semester GenapTahunPelajaran 2012/2013. Hal ini terbukti berdasarkan hasil observasi pra tindakan kedisiplinan siswa dalam bertatakrama di sekolahmenunjukkan ada 2 siswa yang cukup (25%) dan 6 siswa yang kurang (75%) dengan rata-rata skor 10,5 kategori sangat kurang. Siklus I menunjukkan peningkatan siswa menjadi 3 siswa dengan kategori baik (37,5%) dan 5 siswa kategori cukup (62,5%) dengan rata-rata skor 23,6 dengan kategori cukup. Selanjutnya hasil observasi tatakramasiswa di sekolah siklus II menunjukkan peningkatan menjadi 4 siswa sangat baik (50%), 4 siswa kategori baik (50%),dengan rata-rata skor 31,8 dengan kategori baik. Saran yang diajukan: 1. Bagi guru pembimbing/guru BKsebaiknyadenganmelakukanpengawasan yang baikterhadapsiswamelakukanbeberapametodemisalnyabimbingankelompok.2. Bagisiswadiharapkanmampumempertahankantatakrama yang sudahbaiktersebutbahkanperluuntuklebihditingkatkan. 3. BagiPenelitiselanjutnyapengembanganpenelitianselanjutnyadalamupayameningkatkantatakramasiswamelaluilayananbimbingankelompokbuatlah yang lebihinovatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Nama:Sabar Rutoto,M.Pd
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 24 Feb 2014 08:19
Last Modified: 24 Feb 2014 08:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2178

Actions (login required)

View Item View Item