UPAYA MENINGKATKAN KEPATUHAN TERHADAP TATA TERTIB BERSERAGAM MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII C SMP 2 JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013

Susilawati, - (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEPATUHAN TERHADAP TATA TERTIB BERSERAGAM MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII C SMP 2 JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (159kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (240kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (335kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (462kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (160kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (99kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (104kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB)

Abstrak

Susilawati. 2013. Upaya Meningkatkan Kepatuhan Terhadap Tata Tertib Berseragam Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII C SMP 2 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Bimbingan dan Konseling di Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Dra. Sumarwiyah M.Pd, Kons, Dosen Pembimbing II Drs. Arista Kiswantoro. Kata-kata Kunci: Tata Tertib Berseragam; Bimbingan Kelompok Penelitian ini dilatar belakangi adanya tingkat kepatuhan terhadap tata tertib berseragam yang rendah sehingga diperlukan upaya bantuan melalui layanan bimbingan kelompok. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepatuhan terhadap tata tertib berseragam pada kelas VIII C SMP 2 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013?. Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan kepatuhan siswa terhadap tata tertib berseragam sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok, 2. Menemukan peningkatan kepatuhan terhadap tata tertib berseragam melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII C SMP 2 Jekulo Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian ini adalah 1. Kegunaan Teoritis: Hasil dari layanan bimbingan kelompok ini diharapkan dapat mengembangkan teori bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepatuhan terhadap tata tertib berseragam. Kegunaan Praktis: 1). Bagi Kepala Sekolah, Dapat digunakan sebagai acuan program pendidikan di sekolah, khususnya peningkatan program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kepatuhan terhadap tata tertib berseragam. 2). Bagi Konselor Sekolah, Sebagai pedoman dalam memberikan bimbingan kelompok kaitannya dengan meningkatkan kepatuhan terhadap tata tertib berseragam. 3). Bagi Siswa, sebagai upaya meningkatkan kepatuhan terhadap tata tertib berseragam disekolah. 4). Bagi Peneliti, dapat diperoleh pengalaman dan pengetahuan baru. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan Bimbingan Kelompok dapat Meningkatkan Kepatuhan Terhadap Tata TertibBerseragam Pada Siswa Kelas VIII C SMP 2 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C, sebanyak 8 siswa yang mempunyai kepatuhan terhadap tata tertib berseragam yang rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan Kepatuhan Terhadap Tata Tertib Berseragam (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan 2 siklus, setiap siklus 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok kepatuhan terhadap tata tertib berseragam siswa rendah dan masuk dalam kategori kurang dengan skor rata-rata 20,3. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siklus I, Kepatuhan terhadap tata tertib siswa meningkat menjadi kategori cukup dengan skor rata-rata 30,2 terjadi peningkatan sebesar 9,9. Sedangkan pada siklus II kepatuhan terhadap tata tertib berseragam siswa terus meningkat menjadi kategori baik dengan perolehan skor rata-rata 42 terjadi peningkatan 11,8. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepatuhan terhadap tata tertib berseragam pada siswa kelas VIII C SMP 2 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian tersebut disimpulkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepatuhan terhadap tata tertib berseragam pada siswa kelas VIII C SMP 2 Jekulo Kudus. Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah hendaknya memberikan kebijakan kepada guru BK agar memberikan layanan bimbingan kelompok. 2. Konselor hendaknya dapat lebih banyak memprogramkan layanan bimbingan kelompok untuk memotivasi siswa agar memanfaatkan layanan bimbingan kelompok sebagai tempat untuk meningkatkan kepatuhan terhadap tata tertib berseragam. 3. Siswa hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan fungsi bimbingan konseling di sekolah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Nama : Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 25 Feb 2014 02:59
Last Modified: 25 Feb 2014 02:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2185

Actions (login required)

View Item View Item