Penerapan Strategi SQ3R dan peta Konsep dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Kemampuan Memori Siswa

Ratnasari, Yuni (2011) Penerapan Strategi SQ3R dan peta Konsep dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Kemampuan Memori Siswa. Refleksi Edukatika, 1 (2). pp. 126-134. ISSN 2087-9385

[thumbnail of Artikel] PDF (Artikel)
YUNI_RATNASARI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy

Abstrak

ABSTRACT The purposes of this research are to find out 1) the effect of the SQ3R and Concept Mapping learning strategies toward student’s achievement, 2) the effect of high and low memory toward student’s achievement, 3) interaction between the SQ3R and Concept Mapping learning strategies and the student’s memory toward student’s achievement. The reseach was conducted in January 2009 – Mei 2010 and used experimental method. Population in this research was all of students in grade VIII state Junior High School Kediri year 2009/2010. Sample of this research consisted of two classes which was taken using cluster random sampling. The classes treated using SQ3R learning strategies was class VIIIA and the classes treated using Concept Mapping of learning was class VIIIB. The data was collected using test method for student’s achievement, student’s memory. The research hypothesis were tested using ANOVA with 2x2x2 factorial design and calculated using Minitab 15. The date analysis show that : 1) there is an effect of the SQ3R and Concept Mapping learning strategies toward student’s achievement (p-value = 0,046 > 0,050), 2) there is an effect of the high and low memory toward student’s achievement (p-value = 0,028 > 0,050), 3) there is an interaction the SQ3R and Concept Mapping learning strategies and the student’s memory toward student’s achievement (p-value = 0,018 < 0,050). ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya : 1) pengaruh strategi pembelajaran SQ3R dan Peta konsep terhadap prestasi belajar fisika, 2) pengaruh kemampuan memori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar fisika, 3) interaksi strategi pembelajaran SQ3R dan Peta konsep dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar fisika. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2009 – Mei 2010 menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah semua siswa kelas VIII MTs.Miftahul’Ulum Kediri tahun pelajaran 2009/2010. Sampel adalah dua kelas yang diambil secara acak (cluster random sampling). Kelas yang menggunakan strategi pembelajaran SQ3R terpilih kelas VIIIA dan kelas yang menggunakan strategi pembelajaran peta konsep kelas VIIIB. Pengumpulan data prestasi belajar fisika, dilakukan dengan tes.. Tingkat kreativitas siswa diperoleh dengan angket kreativitas. Uji hipotesis penelitian menggunakan ANAVA dan dihitung dengan bantuan software Minitab 15. Hasil analisis data penelitian adalah 1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran SQ3R dan peta konsep terhadap prestasi belajar fisika (p-value = 0,046 < 0,050), 2) terdapat pengaruh kemampuan memori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar fisika (p-value = 0,028 < 0,050), 3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran SQ3R dan peta konsep dengan kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar fisika (p-value = 0,018 < 0,050).

Item Type: Article
Kata Kunci: strategi pembelajaran SQ3R, strategi pembelajaran Peta konsep, Kemampuan memori.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2012 03:37
Last Modified: 21 Mar 2012 03:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item View Item