Upaya pemantapan rasa tanggung jawab siswa dalam pemilihan jurusan melalui layanan informasi kelas X MM SMK Taman Siswa Kudus

Noviriani, Ika Widuri (2013) Upaya pemantapan rasa tanggung jawab siswa dalam pemilihan jurusan melalui layanan informasi kelas X MM SMK Taman Siswa Kudus. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (256kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (71kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (152kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (105kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (524kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (91kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (53kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB)

Abstrak

Noviriani, Ika Widuri. 2013. Upaya Pemantapan Rasa Tanggung Jawab Siswa dalam Pemilihan Jurusan Melalui Layanan Informasi pada Siswa Kelas X MM SMK Tamansiswa Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing I: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd, Dosen Pembimbing II: Dr. Sukiman. Kata kunci: Rasa Tanggung Jawab dalam Pemilihan Jurusan, Layanan Informasi Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMK Tamansiswa Kudus diperoleh hasil yang menunjukkan tidak semua anak memilih penjurusan di SMK (sekolah menengah kejuruan) dengan pertimbangan yang matang terlebih dahulu. Selain itu, dalam memilih tanpa didasarkan atas kemampuan yang dimiliki. Hal tersebut membuat siswa kesulitan serta kebingungan setelah lulus. Maka peneliti memberikan layanan informasi tentang rasa tanggung jawab dalam pemilihan jurusan. Rumusan masalah dalam penelitian: 1. bagaimanakah layanan informasi dapat memantapkan rasa tanggung jawab siswa dalam pemilihan jurusan pada kelas X MM SMK Tamansiswa Kudus tahun pelajaran 2012/2013?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. diperolehnya diskripsi pemantapan rasa tanggung jawab siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi pada siswa kelas X MM SMK Tamansiswa Kudus tahun pelajaran 2012/2013. 2. diperolehnya pemantapan rasa tanggung jawab siswa melalui layanan informasi pada siswa kelas X MM SMK Tamansiswa Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian ini yaitu: 1. Kegunaan Teoritis: hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi sehingga dapat memberikan manfaat bagi siswa dalam pemantapan rasa tanggung jawab pada pemilihan jurusan yang telah dipilih. 2. Kegunaan Praktis: 1. Bagi Konselor, sebagai pedoman untuk memantapkan rasa tanggung jawab siswa dalam pemilihan jurusan. 2. Bagi Guru Mata Pelajaran, sebagai acuan untuk memunculkan inovasi pembelajaran yang baru dalam proses pembelajaran. 3. Bagi Siswa, bagi siswa yang kurang mantap akan jurusan yang dipilih supaya lebih memantapkan lagi rasa tanggung jawabnya dalam memilih jurusan. Hipotesis penelitian ini adalah layanan informasi dapat memantapkan rasa tanggung jawab siswa dalam pemilihan jurusan pada siswa kelas X MM SMK Tamansiswa Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Lokasi penelitian ini di SMK Tamansiswa Kudus dengan subjek penelitian adalah 29 siswa. Metode pengumpulan data yaitu metode wawancara dan observasi. Pelaksanaan penelitian sebanyak 2 siklus, siklus I sebanyak 3 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 3 kali pertemuan. Hasil penelitian meliputi siklus I: Hasil pengamatan peneliti terhadap tanggung jawab siswa yaitu diperoleh rata-rata skor 16 yang dalam kategori cukup. Siklus II : Setelah diberikan layanan informasi dengan memperbaiki sistem pengajaran melalui media power point dan pemutaran film motivasi yang dapat pemantapan tanggung jawab siswa dalam pemilihan jurusan. Berdasarkan wawancara dengan kolaborator juga menunjukkan bahwa siswa mengalami pemantapan dalam tanggung jawab, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan sebesar 25 yang berada dalam kategori sangat baik. Kesimpulan: 1. Penggunaan metode ceramah dan diskusi serta pemanfaatan dari media power point yang dipadukan dengan pemutaran film tentang motivasi tanggung jawab dalam pelaksanaan layanan informasi dapat memantapkan tanggung jawab siswa. Saran yang diajukan: 1. Konselor, diharapkan konselor dapat memaksimalkan pelayanan bimbingan dan konseling disekolah, terutama layanan informasi. 2. Guru Mata Pelajaran, hendaknya guru mata pelajaran dapat aktif lagi dalam memotivasi serta memantapkan tanggung jawab siswa dalam penjurusan. 3. Siswa, siswa harus menyadari akan pentingnya tanggung jawab, dengan mengikuti layanan informasi yang peneliti lakukan diharapkan siswa dapat lebih memantapkan rasa tanggung dalam pemilihan jurusan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Nama : Susilo Rahardjo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 25 Feb 2014 04:46
Last Modified: 25 Feb 2014 04:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2195

Actions (login required)

View Item View Item