STUDI KASUS PENERAPAN KONSELING BEHAVIORISTIK UNTUK MENGATASI SISWA YANG SERING MEMBOLOS DI SMK NUSANTARA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Syafrida, Layli (2013) STUDI KASUS PENERAPAN KONSELING BEHAVIORISTIK UNTUK MENGATASI SISWA YANG SERING MEMBOLOS DI SMK NUSANTARA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (212kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (296kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (237kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (104kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (84kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (163kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (190kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB)

Abstrak

Syafrida, Layli. 2013. Penerapan Konseling Behavioristik untuk Mengatasi Siswa yang Sering Membolos di SMK Nusantara Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi.Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus.Pembimbing (1) Dra. Hj. Sutarti, S.E, M.M (2) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Kata-kata kunci: Konseling Behavioristik, Sering Membolos Sekolah Di SMK Kristen Nusantara Kudus salah satu kenakalan yang menonjol sering membolos, dengan adanya layanan bimbingan dan konseling oleh peneliti diharapkan dapat membantu siswa untuk mengubah perilaku siswa yang menyimpang tersebut.Salah satu layanan konseling individu dalam mengatasi siswa yang sering membolos yaitu dilakukan dengan menggunakan layanan pendekatan behavioristik. Dengan menggunakan model konseling behavioristik dimaksudkan agar siswa dapat merubah perilaku yang tidak diharapkan menjadi perilaku yang diharapkan. Dalam penelitian ini tujuan penelitian ini yaitu: 1. Menemukan faktor-faktor penyebab siswa SMK Nusantara Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 yang sering membolos sekolah. 2. Mendiskripsikan efktivitas model konseling behavioristik untuk menangani siswa yang sering membolos sekolah. Hasil penelitian data dari mode yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan kunjungan rumah. Dari hasil wawancara terhadap konseli, konselor dan orang tua maka konseli I (ANA) yang menyebabkan sering membolos karena bangun kesiangan dikarenakan pengaruh ajakan teman-teman untuk keluar malam dan kurang perhatian orang tuanya. Dari observadi dan dokumantasi ANA sering tidak masuk sekolah dari bulan Februari sampai April sampai 24 kali. Konseli II (MK) berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan kunjungan rumah Dari hasil wawancara terhadap konseli, konselor dan orang tua maka dapat diperoleh data MK mengalami masalah sering membolos disebabkan oleh sering bermain PS sampai larut malam dan bangun tidur kesiangan menyebabkan konseli terlambat sekolah sehingga memilih membolos sekolah, adanya pengaruh teman yang sering mengajak MK untuk tidak masuk sekolah. Dari observadi dan dokumantasi MK sering tidak masuk sekolah dari bulan Februari sampai April sampai 19 kali. Kesimpulannya Penerapan Konseling Behavioristik untuk Mengatasi Siswa yang Sering Membolos di SMK Nusantara Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013, faktor membolos sekolah yang telah dialami oleh kedua konseli yaitu: 1. ANA: faktor internal: bangun tidur kesiangan sehingga menyebabkan konseli terlambat sekolah dan memilih membolos. Faktor eksternal: kurangnya perhatian keluarga karena kedua orang tuanya sibuk bekerja dan adanya pengaruh dari teman untuk keluar malam. Perilaku yang akan diubah adalah sering membolos sekolah menjadi rajin masuk sekolah. 2. MK: Faktor internal: sering bermain PS (play station) sampai larut malam dan bangun tidur kesiangan sehingga menyebabkan konseli terlambat sekolah dan memilih membolos.Faktor eksternal: adanya pengaruh teman yang mengajak untuk membolos sekolah. Perilaku yang akan diubah adalah sering membolos sekolah menjadi rajin masuk sekolah. Setelah melakukan tiga kali konseling dengan pendekatan Behavioristik, peneliti mengamati tingkah laku konseli serta melakukan observasi pada daftar hadir konseli.Pengamatan dilakukan untuk mengetahui apakah konseli sudah benar-benar berubah atau belum.Ternyata konseli sudah menunjukan perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik, yaitu sekarang konseli rajin masuk sekolah dan sudah tidak terlambat lagi. Peneliti dapat menyampaikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah : Perlu diadakan pertemuan secara periodic dengan guru kelas dan guru mata pelajaran untuk membahas permasalahan siswa, perlu menciptakan situasi sekolah yang menimbulkan rasa nyaman bagi siswa, dan memberi sarana prasarana kepada konselor agar bisa menjalan kan tugasnya sebagai konselor khususnya untuk menangani kasus membolos di sekolah. 2. Konselor Sekolah :Hendaknya melaksanakan tugasnya sebagai konselor dengan baik, sehingga dapat membantu siswa untuk mengatasi masalah yang telah dihadapinya, khususnya membantu siswa untuk rajin masuk sekolah. 3. Orang Tua: Selalu memperhatikan perkembangan akademik serta tingkah laku anak setiap hari, memberi perhatian yang positif kepada anak, serta menjalin kerjasama dengan sekolah dengan cara saling memberikan info mengenai perkembangan anak, sehingga anak selalu terpantau perkembangan baik di rumah maupun di sekolah. 4. Siswa:Siswa diharapkan dapat mematuhi tatatertib sekolah yang telah ditetapkan di SMK Nusantara Kudus.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Dra.Hj.Sutarti,SE.MM
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 25 Feb 2014 06:45
Last Modified: 25 Feb 2014 06:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2196

Actions (login required)

View Item View Item