MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS X-5 (ATLET) DALAM MEMAHAMI MATA PELAJARAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SMA NU AL MA'RUF KUDUS TAHUN 2012/2013

Qomariyah, Nia Nurul (2013) MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS X-5 (ATLET) DALAM MEMAHAMI MATA PELAJARAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SMA NU AL MA'RUF KUDUS TAHUN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (832kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (108kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstrak

Qomariyah, Nia Nurul. 2009. Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X-5 (Atlet) Dalam Memahami Mata Pelajaran Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun 2012/2013. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Drs. Sabar Rutoto, M.Pd., (ii) Drs. Arista Kiswantoro. Kata kunci : Konsentrasi belajar, layanan bimbingan kelompok Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya konsentrasi belajar siswa kelas X-5 (Atlet). Ada 10 siswa yang rendah konsentrasi belajarnya, hal ini ditunjukkan dengan sikap siswa yang cenderung ramai/gaduh di dalam kelas, berbicara sendiri dengan teman sebangku dan mengantuk saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Oleh karena itu persolan tentang kurangnya konsentrasi belajar siswa kelas X-5 (Atlet) dalam memahami mata pelajaran harus segera diatasi, supaya siswa dapat fokus saat pelajaran berlangsung, tertib saat kegiatan belajar mengajar berlangsung dan dapat termotivasi memperhatikan pelajaran/tidak mengantuk. Kondisi tersebut diatas menurut peneliti dapat diatasi melalui layanan bimbingan kelompok. Permasalahan yang akan diteliti adalah “Apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas X-5 (atlet) dalam memahami mata pelajaran pada siswa SMA NU Alma’ruf Kudus Tahun 2012/2013”. Tujuan penelitian ini adalah: mendiskripsikan kondisi siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X-5 (atlet) SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun 2012/2013, dan memperoleh peningkatan konsentrasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X-5 (atlet) SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun 2012/2013. Kegunaan penelitian ini adalah : 1. Kegunaan teoritis : hasil dari layanan bimbingan kelompok ini diharapkan bisa mengembangkan teori bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa dalam memahami mata pelajaran. 2. Kegunaan praktis penelitian ini adalah : 1) Bagi Kepala Sekolah digunakan untuk menentukan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. 2) Bagi Guru BK dapat bermanfaat untuk membantu siswa yang mengalami permasalahan dalam belajar melalui penerapan layanan bimbingan kelompok. 3) Bagi Wali Kelas dapat lebih memahami kondisi maupun situasi yang dialami siswanya. 4) Bagi Guru Mata Pelajaran dapat menyampaikan materi pelajaran sesuai kondisi konsentrasi belajar yang dialami siswanya. 5) Bagi Siswa dapat meningkatkan konsentrasi belajar dalam memahami materi pelajaran. Hipotesis penelitian ini adalah : “Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas X-5 (atlet) dalam memahami mata pelajaran pada siswa SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun 2012/2013”. Penelitian ini dilakukan di SMA NU Al Ma’ruf Kudus yang beralamat di Jl. AKBP.R.Agil Kusumadya No. 2 Kudus, sedangkan subyek penelitian ini adalah 10 siswa yang konsentrasi belajarnya rendah diantara siswa kelas X-5 (Atlet). Variabel penelitian : Layanan bimbingan kelompok (variabel bebas) dan konsentrasi belajar (variabel terikat). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara sebelum pra layanan bimbingan kelompok konsentrasi belajar siswa termasuk dalam kategori kurang (31,5%). Setelah diberi treatment layanan bimbingan kelompok pada sikus I, konsentrasi belajar siswa meningkat menjadi kategori sedang (53,6%) dan setelah siklus II konsentrasi belajar siswa meningkat menjadi kategori baik (81,2%). Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas X-5 (Atlet) SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun 2012/2013. Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah diharapkan memahami dan lebih memperhatikan perilaku siswa, dan dapat memberikan fasilitas yang mendukung, dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok. 2. Kepada Konselor diharapkan dapat mengefektifkan layanan bimbingan kelompok guna membantu siswa mengembangkan pribadinya, mengubah perilakunya menjadi lebih baik, pencegahan dan pengentasan masalah siswa yang bersangkutan, salah satunya adalah mengenai rendahnya konsentrasi belajar siswa. 3. Guru Mata Pelajaran diharapkan dapat mengetahui kondisi siswa pada saat pelajaran berlangsung dan guru diharapkan dapat menerangkan materi pelajaran dengan metode yang tepat sesuai kondisi siswa. 4. Siswa diharapkan mempunyai niat yang kuat dalam mengikuti pelajaran sehingga siswa dapat berkonsentrasi saat guru menerangkan selain itu siswa harus selalu fokus, tertib, dan bersemangat saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Drs. Sabar Sutoto, M.Pd
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Feb 2014 03:13
Last Modified: 26 Feb 2014 03:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2205

Actions (login required)

View Item View Item