PENINGKATAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS XII PS 1 SMK RADEN UMAR SAIDBIDANG GRAFIKA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Primayamsari, Ida (2013) PENINGKATAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS XII PS 1 SMK RADEN UMAR SAIDBIDANG GRAFIKA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (275kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (189kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (297kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (248kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (509kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (52kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (45kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB)

Abstrak

Priyamsari, Ida. 200931142. Peningkatan Motivasi Berwirausaha Melalui Layanan Informasi Pada Siswa Kelas XII PS 1 SMK Raden Umar Said Bidang Grafika Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013.Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Drs. Masturi, MM, (ii) Drs. H. Sucipto, M. Pd, Kons. Kata-kata kunci: Motivasi Wirausaha, Layanan Informasi Dalam perkembangan dan kehidupannya siswa SMK perlu memiliki motivasi wirausaha yang tinggi untuk mencapai tujuan karirnya kelak. Dengan memiliki motivasi wirausaha yang tinggi menyebabkan siswa bertindak untuk mencapai karir yang diinginkan.Yang terjadi pada siswa SMK Raden Umar Said Bidang Grafika Kudus, motivasi wirausaha yang dimiliki siswa tidaklah sama, dikarenakan ada faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi seseorang. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara yang dilakukan terhadap guru pembimbing dan wali kelas, diketahui banyak siswa kelas XII PS 1 yang menginginkan untuk membuka usaha sendiri dirumah, akan tetapi mereka masih kesulitan bagaimana untuk memulainya. Layanan informasi dipilih sebagai cara yang ditempuh oleh peneliti untuk meningkatkan motivasi berwirausaha siswa. Karena dengan layanan informasi peneliti akan memberikan berbagai informasi secara klasikal dan menyeluruh di dalam kelas terkait dengan informasi-informasi yang dibutuhkan siswa untuk mewujudkan keinginanya membuka usaha sendiri dirumah. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1. Seberapa jauh siswa SMK Raden Umar Said Bidang Grafika Kudus memiliki motivasi untuk berwirausaha sebelum dan sesudah diberikannya layanan informasi? 2. Bagaimana meningkatkan motivasi berwirausaha melalui layanan informasi pada siswa kelas XII SMK Raden Umar Said Bidang Grafika Kudus?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1.Mendiskripsikan motivasi kewirausahaan pada siswa kelas XII PS 1 SMK Raden Umar Said Bidang Grafika Kudus sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi. 2. Diperolehnya peningkatan motivasi berwirausaha melalui layanan informasi pada siswa kelas XII PS 1 SMK Raden Umar Said Bidang Grafika Kudus tahun pelajaran 2012/2013.Yang menjadi kegunaan penelitian ini adalah 1.Kegunaan Teoritis, memberikan sumbangan pemikiran tentang model-model pembinaan siswa menggunakan layanan informasi melalui metode klasikal dalam meningkatkan motivasi berwirausaha, 2. Kegunaan Praktis, sebagai masukan kepada kepala sekolah agar meningkatkan motivasi berwirausaha siswanya melalui layanan informasi, sebagai masukan kepada guru pembimbing sekolah bahwa layanan informasi sangat diperlukan dalam meningkatkan motivasi berwirausaha, dan sebagai masukan kepada siswa untuk menumbuhkan motivasi wirausahanya dalam mencapai karirnya secara tepat dan efektif. Metode penelitian terdiri dari: setting penelitian ini di SMK Raden Umar Said Kudus. Karakteristik dan Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII PS 1 sejumlah 22 siswa yang membutuhkan peningkatan motivasi melalui layanan informasi.Variabel penelitian ini terdiri dari dua yaitu: variabel bebas dan terikat. Variabel bebasnya layanan informasi. Variabel terikatnya adalah motivasi berwirausaha. Prosedur penelitian tindakan bimbingan dan konseling menggunakan siklus berkelanjutan yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tahap refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara.Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan di olah secara diskriptif komparatif. Yaitu membandingkan dari siklus I yang diketahui sebanyak 9 siswa motivasinya masih rendah, kemudian setelah mendapat layanan informasi pada siklus II, sejumlah 15 siswa memperoleh kategori motivasi sangat tinggi dan sisanya yang berjumlah 7 siswa mendapat kategori tinggi. Simpulan: berdasarkan hasil pembahasan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa 1. Peningkatan motivasi berwirausaha siswa melalui layanan informasi memperoleh hasil sangat baik, peningkatan ini terlihat dari rendahnya motivasi sebelum diberikannya layanan hingga keberanian mereka membuka usaha sendiri setelah diberikannya layanan informasi 2. Motivasi berwirausaha siswa setelah mengikuti layanan informasi mengalami peningkatan dari 43,7% (rendah) menjadi 80,56% (sangat tinggi), ditandai dari hasil observasi yang meningkat dan hasil wawancara yang menunjukkan peningkatan kemampuan berwirausaha siswa. Saran: Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat di ajukan saran-saran sebagai berikut: 1. Kepala sekolah, memotivasi guru BK untuk lebih memperhatikan siswa-siswa yang mengalami kesulitan atau hambatan dalam mencapai karirnya untuk masa depan. 2. Guru BK, hendaknya selalu mengadakan kegiatan layanan dengan memberikan berbagai informasi dan memberikan dorongan untuk membantu siswa yang membutuhkan pengetahuan serta dukungan dalam mencapai karir. 3. Siswa, harus menyadari pentingnya sekolah sebagai factor penunjang karirnya di masa depan. 4. Orang Tua siswa, selalu memberikan perhatian pada anaknya dirumah dengan memberikan dukungan dan membina anaknya demi kemajuan karirnya. 5. Peneliti berikutnya, dapat mencoba melakukan penelitian dengan mengungkap sejauh mana siswa berminat untuk membuka usaha sendiri dan bagaimana seseorang mencapai kesuksesan melalui wirausaha.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 26 Feb 2014 03:28
Last Modified: 26 Feb 2014 03:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2206

Actions (login required)

View Item View Item