STUDI KASUS PENANGANAN SISWA TEMPERAMENTAL DAN GEMAR MELAKUKAN KEKERASAN FISIK DENGAN PENDEKATANBEHAVIORISTIK PADASISWA KELAS X SMAN 1 JEKULO KUDUS TAHUN 2012/2013

Winarto, Budi (2013) STUDI KASUS PENANGANAN SISWA TEMPERAMENTAL DAN GEMAR MELAKUKAN KEKERASAN FISIK DENGAN PENDEKATANBEHAVIORISTIK PADASISWA KELAS X SMAN 1 JEKULO KUDUS TAHUN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (64kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (135kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (150kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (93kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (25kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (21kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB)

Abstrak

Budi Winarto. 2013. “Studi Kasus Penanganan Siswa Temperamental dan Gemar Melakukan Kekerasan Fisik dengan Pendekatan Behavioristik Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Jekulo Kudus Tahun 2012/2013”.Skripsi Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Drs. Masturi, MM, Dosen Pembimbing II Dr. Sukiman, M.Pd. Kata Kunci:Konseling Behavior, Melakukan Kekerasan Fisik Berdasarkan wawancara peneliti dengan guru BK dan siswa kelas X SMA 1 Jekulo pada tanggal 15-17 April 2013 bertempat di ruang BK, diketahui ada sebagian siswa SMA 1 Jekulo Kudus tahun pelajaran 2012/213 yang bersikap temperamental dan gemar melakukan kekerasan fisik dengan gejala-gejala mudah emosi, jengkel, kesal dan temperamental serta gemar melakukan kekerasan fisik. Hal ini disebabkan karena factor lingkungan seperti pola asuh otoriter dan permisif, pergaulan dengan teman sebaya, dan media cetak dan elektronik yang menampilkan kekerasan. Rumusan masalah: “Apakah melalui penerapan konseling behavioristik dapat mengatasi sikap temperamental dan gemar melakukan kekerasan fisik?”. Tujuan penelitian: 1. Menggali fakta-fakta yang menyebabkan sikap temperamental dan gemar melakukan kekerasan fisik. 2. Teratasinya sikap temperamental dan gemar melakukan kekerasan melalui layanan behavioristik.Kegunaan penelitian: 1. Kegunaan Teoritis: Menambah khasanah perpustakaan. 2. Kegunaan Praktis: a. Bagi Kepala Sekolah, sebagai pertimbangan untuk menentukan kebijakan dalam mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. b. Bagi Konselor, sebagai acuan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. c. Bagi Siswa, Membantu mengatasi sikap temperamental dan gemar melakukan kekerasan fisik sehingga dapat bersikap lebih baik lagi. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studikasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data induktif system Bacon, yaitu peneliti mengumpulkan faktor-faktor tentang kondisi konseli, kemudian baru dapat ditarik kesimpulan tertentu atau pemecahan masalah.Subyek penelitian AB, MF, dan JS. Hasil penelitian: Klien I (AB) bersikap temperamental dan gemar melakukan kekerasan fisik karena ekonomi orang tua kurang mampu dan pola asuh orang tua yang mendidik anak secara bebas. Melalui teknik desensitisasi sistematissikapklien menjadi lebih baik bertutur kata sopan, tidak lagi mengejek teman maupun melakukan kekerasan.Klien II (MF) bersikap temperamental dan melakukan kekerasan fisik karena pola asuh orang tua yang otoriter memaksakan kehendaknya terhadap anak. Melalui konseling behavioristik teknik aversi perilaku klien menjadi lebih baik emosi klien terkontrol dan bersikap sabar. Klien III (JS) berperilaku temperamental dangemar melakukan kekerasan fisik karena orang tua memanjakan klien. Melalui konseling behavioristik teknik sosial modeling perilaku klien menjadi lebih baik emosinya terkontrol dan lebih sabar. Melalui tiga kali pertemuan maka dapat dilakukan pembahasan pada klien I (AB) melalui teknik desensitisasi sistematis klien memiliki ketegangan-ketegangan yang timbul dari keadaan fisik maupun psikisnya sehingga diperlukan kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan klien untuk rileks. Klien II (MF) melalui teknik aversi klien diberikan stimulus reward untuk perbuatan klien yang terpuji dan punishmet ketika klien melakukan kekerasan fisik. Hukuman yang diberikan akan membuat klien jera, sedangkan pemberian penghargaan membuat klien merasa dihargai.Klien III (JS) melalui teknik sosial modeling klien dapat belajar melalui pengalaman langsung dengan mengamati contoh model. Simpulan faktor internal daneksternal yang mempengaruhi sikap temperamental klien I (AB) frustrasi karena kondisi ekonomi keluraga yang kurang mampu dan pola asuh permisif. Klien II (MF) perasaan tertekan dan pola asuh otoriter. Klien III (JS) sifat individu alistis dan dimanja orang tua. Disarankan kepada; 1. Sekolah, memperhatikan siswa yang menunjukkan gejala sikap temperamental dan gemar melakukan kekekaran fisik dengan cara memberikan layanan konseling behavioristik secara terprogram. 2.Siswa hendaknya bersikap terbuka dan kooperatif terhadap permasalahan yang dihadapi untuk mencari pemecahan masalahnya. 3. Guru BK, untuk memberikan pendampingan terhadap siswa yang bermasalah. 5. Peneliti selanjutnya dapat lebih memperbaiki teknik konseling behavioristik untuk mengentaskan sikap tempera mental dan gemar melakukan kekerasan fisik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Drs.Masturi,MM
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 03:25
Last Modified: 27 Mar 2014 03:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2209

Actions (login required)

View Item View Item