UPAYA MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 3 JUWANA TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013

Nurmegasari, Arum (2013) UPAYA MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 3 JUWANA TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (125kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (594kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (571kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (90kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (55kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (582kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB)

Abstrak

Nurmegasari, Arum 2009.Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada siswa Kelas VIII D SMP Negeri 3 juwana Tahun Pelajaran 2012/201.Skripsi.Bimbingan dan Konseling.Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan.Universitas Muria Kudus. Dosen pembimbing : 1. Drs. Sabar Rutoto, M. Pd dan 2. Drs. Arista Kiswantoro. Kata Kunci :Interaksi Sosial, Bimbingan Kelompok Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Juwana mengalami kurangnya interaksi sosial di sekolah, misalnya ada siswa yang tidak mempunyai teman bermain, ada yang suka menyendiri (mengisolir diri), dan ada juga yang dijauhi teman-temannya, kurangya kerjasama dengan teman lain, kurang menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah, kurang motivasi/dorongan untuk berinteraksi, kurangnya rasa percaya diri dalam berinteraksi dengan teman lain, komunikasi yang kurang efektif sehingga sering timbul perselisihan.Permasalahan penelitian ini adalah :Apakah layanan Bimbingan Kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Juwana Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Tujuan penelitian :1) Mendeskripsikan kemampuan berinteraksi sosial siswa sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Juwana Tahun Pelajaran 2012/2013. 2) Diperolehnya peningkatan interaksi sosial melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Juwana Tahun Pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian yang diharapkan : 1) Kegunaan Teoritis sebagai berikut : Hasil dari layanan bimbingan kelompok ini diharapkan bisa mengembangkan teori bimbingan kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial siswa. 2) Kegunaan Praktis sebagai berikut : 1. Sekolah, Dapat dijadikan landasan untuk mengembangkan pola pelaksanaan layanan bimbingan kelompok mendatang dalam membantu pencapaian kemampuan berinteraksi sosial siswa dengan personal sekolah. 2. Guru BK, dapat bermanfaat untuk membantu siswa yang kemampuan berinteraksi sosialnya rendah melalui layanan bimbingan kelompok. 3. Siswa, hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dapat memanfaatkan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial. Dalam penelitian ini membahas tentang teori-teori interaksi sosial dan bimbingan kelompok. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Juwana Tahun Pelajaran 2012/2013”. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan interaksi sosial (Variabel terikat). Subyek penelitian ini adalah 9 siswa (AY, ARN, DKW, DMI, DNI, IK, MPO, NAW, RA). Kelas VIII D SMP Negeri 3 Juwana Tahun Pelajaran 2012/2013.Analisis data menggunakan deskriptif komperatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 45 menit (1 jam pelajaran). Berdasarkan hasil observasi indikator interaksi sosial sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok diperoleh skore rata-rata 51,6% (C). Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada sikus I, perilaku baik siswa meningkat dengan skore rata-rata 72% (B). Sedangkan pada siklus II perilaku baik siswa terus meningkat dengan perolehan skore rata-rata 81,3% (SB). Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial siswa SMP Negeri 3 Juwana Tahun pelajaran 2012/2013.Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial siswa SMP Negeri 3 Juwana Tahun pelajaran 2012/2013. Saran hasil penelitian : 1) Kepada Kepala Sekolah, Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) tentang laynanan bimbingan kelompok dapat menigkatkan interaksi sosial siswa menunjukkan ada dan teruji kebenarannya, maka hendaknya menyediakan fasilitas sarana dan prasarana BK yang lebih baik, agar siswa yang akan berkonsultasi bisa lebih nyaman. 2) Kepada Guru Pembimbing/Konselor Sekolah, Diharapkan guru pembimbing (konselor) dapat membantu siswa dalam mengubah perilakunya menjadi positif melalui penyelenggaraan bimbingan dan konseling sehingga dapat memahami, mencegah, dan mengentaskan masalah dirinya melalui bimbingan kelompok. 3) Kepada Orang tua siswa, Memberikan masukan kepada orang tua/wali murid untuk lebih memperhatikan anak-anaknya terutama membantu anaknya dalam mengenal ingkungan sosial dan mampu bergaul dengan lingkungan sosial dengan baik dengan cara menigkatkan interaksi sosial sehingga akan tumbuh menjadi pribadi yang matang. 4) Kepada Siswa, Untuk dapat meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial maka perlu dilakukan laynan bimbingan kelompok, sering berkomunikasi, sering melakukan diskusi, dan saling menukar pengetahuan dan pengalaman,

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Drs.Sabar Rutoto,M.Pd
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 03:27
Last Modified: 27 Mar 2014 03:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2220

Actions (login required)

View Item View Item