UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN PENGUSAAN KONTEN PADA SISWA KELAS X FSMA MUHAMMADIYAH KUDUS TAHUN 2012/2013

Raharjo, Budi (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN PENGUSAAN KONTEN PADA SISWA KELAS X FSMA MUHAMMADIYAH KUDUS TAHUN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (163kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (308kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (242kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (336kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (264kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (100kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (97kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB)

Abstrak

Budi Raharjo, 2013. “Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas XF Sma Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”.Skripsi program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Drs. Sunardi, Dosen Pembimbing II Drs. Sabar Rutoto, M.Pd. Kata Kunci: Kemandirian Belajar: Layanan Penguasaan Konten. Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas X F mempunyai kemandirian belajar yang rendah seperti belum mampu berfikir secara kritis, kreatif dan inovatif, mudah terpengaruh oleh pendapat orang lain, tidak bisa memecahkan masalah dengan berpikir yang mendalam, masih meminta bantuan orang lain , merasa rendah diri apabila harus berbedadengan orang lain, tidak mau berusaha dengan penuh ketekunan dan kedisiplinan , tidak bertanggung jawab atas tindakannya sendiri. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemandirian belajarpada siswa kelas X F Sma Muhammadiyah kudus Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan faktor- faktor kemandirian belajar yang kurang, dapat menemukan seberapa besar peningkatan kemandirian belajar siswa yang dilakukan peneliti melalui layanan penguasaan konten siswa kelas X F SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritik: Hasil penelitian ini diharapkan dapat melengkapi referensi yang telah ada, sehingga dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetehuan disekolah khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling, serta sebagai bahan acuan untuk penelitian yang lebih lanjut lagi.2. Kegunaan Praktis: Bagi Kepala Sekolah dapat digunakan sebagai dasar atau pertimbanagan dalam menentukan belajar yang mendukung adanaya progam bimbingan dan konseling di sekolah.2.dapat digunakan oleh guru pembimbing untuk dijadikan bahan acuan atau panduan ilmiah untuk menentukan membantu yang mengalami masalah kemandirian belajar. 3. Bagi Siswa, Meningkatnya kemandirian belajar yang positif di dalam diri siswa, sehingga prestasi demi prestasi dapat di ciptakan dan proses belajar sehari-hari dapat berjalan sesuai yang diharapkan.Untuk dijadikan bahan kajian peneliti berikutnya. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Melalui layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas X F Sma Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013.” Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X F, sebanyak 26 siswa yang kemandirian belajarnya rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: layanan penguasaan konten(variabel bebas) dan kemandirian belajar (variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi.Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3pertemuan membahas3 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan layanan penguasaan konten dengan kemandirian belajarsiswa rendah dan masuk dalam kategori kurang dengan hasil rata-rata 39,5%. Setelah diberi layanan penguasaan kontenpada sikus I pertemuan pertama kemandirian belajar siswa belum ada peningkatan, pada pertemuan kedua meningkat menjadi 40,3% dengan kategori kurang, pada pertemuan ketiga kemandirian belajar siswa meningkat menjadi 44,5% dengan kategori kurang.Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama kemandirian belajar siswa meningkat menjadi 51,4% dengan kategori cukup, pada pertemuan kedua kemandirian belajar siswa memperoleh peningkatan menjadi 52,7% dengan kategori cukup, pada pertemuan ketiga kemandirian belajar siswa memperoleh peningkatan menjadi 71,8% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan layanan penguasaan kontendapat meningkatkan kemandirian belajar siswa pada kelas X F Sma Muhammadiyah Kudus . Kesimpulan penelitian ini adalah layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X F Sma Muhammadiyah Kudus.Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya.Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1.Kepada Kepala sekolah pelaksanaan pelayanan konten terhadap siswa dapat dijadikan sebagai kegiatan wajib, khususnya untuk siswa-siswa baru kelas X, untuk memotivasi tumbuhnya kemandirian belajar, sehingga tidak terjadi ketergantungan pada pihak sekolah atau guru saja..2.Kepada Konselor Diharapkan agar konselor sekolah memberikan layanan penguasaan konten berkaitan dengan kemandirian belajar siswa secara intensif dan pemberian layanan penguasaan konten sesuai dengan kebutuhan siswa agar potensi siswa dapat berkembang secara optimal.3.Kepada Siswa Diharapkan siswa memiliki kemandirian yang tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran agar siswa mampu mencapai prestasi yang diharapkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Drs.Sunardi
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 03:24
Last Modified: 27 Mar 2014 03:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2222

Actions (login required)

View Item View Item