UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA DALAM MENGUNGKAPKAN PENDAPAT DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X.C SMA MUHAMMADIYAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sari, Ulfi Lukito (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA DALAM MENGUNGKAPKAN PENDAPAT DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X.C SMA MUHAMMADIYAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (701kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (217kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (291kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (273kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (464kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (144kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (193kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB)

Abstrak

Ulfi Lukito Sari. 2013. Upaya Meningkatkan Keberanian Dalam Mengungkapkan Pendapat Dengan Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X.C SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: 1. Dra. Hj. Sutarti, SE, MM. 2. Drs. Sunardi Kata Kunci: Keberanian Mengungkapkan Pendapat, Bimbingan Kelompok Setiap individu memiliki pola pikir dan ciri khas yang berbeda sehingga tidak sama satu dengan yang lainnya. Diketahui sebelumnya siswa kelas X.C SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 mengalami permasalahan dalam keberanian mengungkapkan pendapat. Berdasarkan wawancara terhadap kolaborator diketahui 8 siswa yang mempunyai keberanian dalam mengungkapkan pendapat yang rendah. Rumusan masalah yang akan diteliti: “Apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat dikelas X.C. Tujuan penelitian: Untuk Memperoleh peningkatan keberanian dalam mengungkapkan pendapat dari siswa melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X.C SMA Muhammadiyah Kudus yang pada kondisi awal rendah, agar menjadi baik. Kegunaan penelitiann secara teoritis: sebagai penambah bahan kajian bersama mengenai pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan ilmu pengetahuan disekolah. Kegunaan Praktis: 1. Bagi Kepala sekolah sebagai dasar penentu kebijakan yang mendukung pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. 2. Bagi Konselor dijadikan sebagai bahan acuan dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok. 3. Bagi siswa dapat mengetahui pentingnya pelaksanaan layanan bimbingan konseling terutama layanan bimbingan kelompok dalam membantu mengatasi permasalahan pribadi. Dalam penelitian yang dilakukan membahas tentang keberanian mengungkapkan pendapat dan layanan bimbingan kelompok. keberanian mengungkapkan pendapat merupakan kemampuan seseorang dalam mengungkapkan buah pikirnya melalui kata-kata yang tersusun memiliki makna tertentu. Sedangkan bimbingan kelompok merupakan layanan yang digunakan untuk membantu dan mengatasi masalah yang dihadapi. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah dengan pemanfaatan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keberanian dalam mengungkapkan pendapat pada siswa kelas X.C SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X.C SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 8 siswa. pengumpulan data yang digunakan yakni metode wawancara dan observasi sebagai metode pokok dan metode dokumentasi sebagai metode pendukung. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Adapun urutan kegiatan dalam penelitian ini, antara lain: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus 3 x pertemuan (3 materi) dengan alokasi waktu 45 menit x 1 jam pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian pada saat tindakan bimbingan kelompok keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat rendah hal ini diketahui dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pada siklus I diperoleh hasil rata-rata 18,05 dengan kategori kurang (K). Pada pelaksanaan layanan bimbingan konseling pada siklus II mendapatkan hasil rata-rata 33,4 dengan kategori cukup (C). Kesimpulan: berdasarkan hasil pembahasan dan analisis, peneliti dapat menyimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok mengalami peningkatan. Hal ini terbukti siswa ikut berperan aktif dalam menciptakan dinamika kelompok. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena dapat memenuhi indikator keberhasilan. Saran kepada: 1. Bagi Kepala Sekolah, hendaknya memberikan dukungan terhadap pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling disekolah yang dibutuhkan, agar pelaksanaannya dapat berjalan maksimal dan tepat sasaran yakni terhadap siswa dalam rangka meningkatkan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat. 2. Bagi Guru BK (Guru Pembimbing), melaksanakan peran serta tugasnya secara profesional dalam kaitannya dengan penelitian ini untuk menumbuhkan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat. 3. Bagi Siswa, mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal terutama perihal keberanian dalam mengungkapkan pendapat, mampu menjaga komunikasi dengan orang lain dilingkungan sekolah maupun masyarakat, serta mampu untuk mengontrol emosi yang dimiliki

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Dra.Hj.Sutarti,SE,MM
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 03:24
Last Modified: 27 Mar 2014 03:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2227

Actions (login required)

View Item View Item