UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK KELAS X-PBS SMK TAMANSISWA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013

Sulafudin, - (2013) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK KELAS X-PBS SMK TAMANSISWA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (511kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (57kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (185kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (135kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (421kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (60kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (42kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (55kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (581kB)

Abstrak

Sulafudin. 2013. Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Kelas X PBS SMK Tamansiswa Kudus Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Sutarti, S.E, M.M, (II) Drs. H. Sucipto, M.Pd, Kons. Kata-kata kunci : Kreativitas belajar, Bimbingan Kelompok Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti kepada Bapak Davit Wijayanto, S.Pd (konselor SMK Tamansiswa Kudus) pada hari Jumat, 17 Mei 2013 di ruang BK memperoleh hasil sebagai berikut : rendahnya kemandirian siswa dalam belajar, kurangnya rasa ingin tahu terhadap hal yang baru, tidak menghargai kemampuan yang ada pada diri sendiri, takut terhadap guru atau tidak berani mengambil resiko untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya. Permasalahan yang diteliti : “Apakah Layanan Bimbingan Kelompok Dapat Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X-PBS SMK Tamansiswa Kudus Tahun Pelajaran 2012/ 2013?”. Tujuan penelitian adalah untuk : 1) Mendeskripsikan kreativitas belajar siswa sebelum dan sesudah diberikannya layanan bimbingan kelompok. 2) Diperolehnya peningkatan kreativitas belajar siswa. Adapun kegunaan penelitian adalah 1. Kegunaan Teoritis : Diharapkan dapat melengkapi referensi yang telah ada, 2. Kegunaan Praktis penelitian : a. Mendorong kepala sekolah untuk merencanakan program bimbingan yang dapat meningkatkan kreativitas siswa; b. Mendorong guru bimbingan konseling untuk melakukan layanan bimbingan kelompok; c. Mendorong siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti kegiatan bimbingan kelompok; d. Dapat menambah pengalaman dalam bidang penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kreativitas belajar dan bimbingan kelompok. Kreativitas merupakan kemampuan interaksi antara individu dan lingkungannya. Bimbingan kelompok yaitu proses bantuan yang diberikan oleh guru pembimbing kepada sekelompok individu melalui prosedur kelompok dengan memanfaatkan situasi dan dinamika kelompok. Hipotesis penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas X PBS SMK Tamansiswa Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan. Subyek penelitian ini adalah 8 siswa kelas X PBS SMK Tamansiswa Kudus. Penelitian dilakukan pada bulan Mei – Juni 2013. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi, Pada tahap survei awal 8 siswa yang menjadi anggota bimbingan kelompok, sebanyak 6 siswa dengan kategori kurang dan sebanyak 2 siswa dengan kategori cukup. Pada siklus I dari 8 siswa yang menjadi anggota bimbingan kelompok sebanyak 2 siswa dengan nilai 34 – 41 (kategori baik) dan 6 siswa dengan nilai 26 – 33 (kategori cukup). Pada siklus II kreativitas belajar siswa dengan kategori baik sebanyak 6 siswa dan sangat baik 2 orang. Indikator keberhasilan yang ditetapkan pada penelitian ini adalah apabila hasil yang diperoleh pada penelitian ini > 70% memperoleh kategori baik dari 8 siswa yang dijadikan sebagai subyek penelitian. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis, hasil penelitian kreativitas belajar peneliti terhadap 8 anggota kelompok pada siklus I pertemuan pertama skor 14,38 (rendah), pertemuan kedua skor 19,63 (cukup), pertemuan ketiga skor 23,50 (baik) dan siklus II pertemuan pertama skor 24,13 (baik), pertemuan kedua skor 26,38 (sangat baik), pertemuan ketiga skor 28,88 (sangat baik). Dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan kreativitas belajar. Hasil penelitian peneliti terhadap 8 anggota siklus I rata-rata skor 19,17 (cukup), dan siklus II 26,46 (sangat baik). Dari siklus I ke siklus II dapat diperoleh adanya peningkatan kreativitas belajar siswa rata-rata skor 7,29 dapat diterima dan teruji kebenarannya. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Bagi Siswa: Para siswa hendaknya dapat lebih baik lagi dalam meningkatkan kreativitas belajar; (2) Bagi Guru Pembimbing: Mengupayakan secara lebih maksimal untuk memberikan layanan bimbingan konseling baik yang bersifat individu maupun kelompok; (3) Bagi Orang Tua Siswa: Orang tua diharapkan dapat ikut berperan dengan memberikan dorongan tentang pentingnya kreativitas belajar terhadap anak.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Sutarti, SE.MM
Uncontrolled Keywords: bimbingsn dsn konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Feb 2014 03:31
Last Modified: 27 Feb 2014 03:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2228

Actions (login required)

View Item View Item