UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENERAPAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) PADA SISWA KELAS V MI TERPADU DARUL ULUM 02 NGEMBAL REJO KECAMATAN BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Subekti, Himawan Ari (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENERAPAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) PADA SISWA KELAS V MI TERPADU DARUL ULUM 02 NGEMBAL REJO KECAMATAN BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (473kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (447kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (283kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (541kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (778kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (372kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (283kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (154kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB)

Abstrak

Himawan Ari Subekti. 200931117. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui penerapan Peta Pikiran (Mind Map) Pada Siswa Kelas V MI Terpadu Darul Ulum 02 Ngembal Rejo Kecamatan Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Drs. Sunardi (ii) Dra. Hj. Sutarti, S.E, M.M Kata-kata kunci: Motivasi Belajar. Penerapan Peta Pikiran (Mind Map) Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti di lapangan yang menunjukkan rendahnya motivasi belajar siswa kelas V MI Terpadu Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus. Rendahnya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik yaitu faktor dalam diri sedangkan ekstrinsik dari luar, misal cara pembelajaran. Sehingga apabila hal ini tidak segera ditangani akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa kelas V MI Terpadu Darul Ulum 02 Ngembal Rejo Kecamatan Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 setelah diberikan Penerapan Peta Pikiran (Mind Map)? Tujuan penelitian yaitu: 1. Untuk mendiskripsikan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan peta pikiran (mind map) pada siswa kelas V MI Terpadu Darul Ulum 02 Ngembal Rejo Kecamatan Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Adapun kegunaan penelitian adalah 1. Kegunaan Teoritis : Memberikan wawasan keilmuan khususnya yang berhubungan dengan bimbingan dan konseling, lebih khusus wawasan ini menyangkut tentang upaya penanganan anak kurangnya motivasi melalui penerapan Peta Pikiran (Mind Map); 2. Kegunaan Praktis penelitian: 1. Bagi kepala sekolah dapat digunakan sebagai dasar kebijakan untuk mendukung efektivitas pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah. 2. Bagi guru kelas dapat digunakan oleh guru untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan Peta pikiran (Mind map). 3. Bagi siswa dapat meningkatkan pengetahuan, dan ketrampilan dalam pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Hipotesis Penelitian adalah: Penerapan peta pikiran (mind map) dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas V MI Terpadu Darul Ulum 02 Ngembal Rejo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Terpadu Darul Ulum 02 Ngembal Rejo Kecamatan Bae Kudus sebanyak 20 siswa. Variabel penelitian: Peta Pikiran (Mind Map) (Variabel Terikat) dan Motivasi Belajar (Variabel Bebas). Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi dan wawancara, meode pendukung yaitu dokumentasi. Analisis data menggunakan data kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan Ssiklus II) setiap siklus 3 pertemuan, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan. Data diperoleh dari observasi dilakukan secara langsung bersama guru kelas. Penelitian dilakukan dengan data hasil observasi terhadap 8 aspek penilaian. Aspek itu meliputi ketrekunan, keuletan, minat, tanggung jawab, kemandirian, keseriusan, dan keaktifan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum tindakan, dan setelah siklus I dan siklus II yang memperlihatkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada prasiklus mendapat skor 10,45 (rendah), pada siklus I mendapat nilai rata-rata 17,43 (cukup), dan pada siklus II mendapat nilai rata-rata 24,33 (baik). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan peta pikiran (mind map) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti sebelum penerapan peta pikiran (mind map) motivasi belajar siswa kurang. Setelah penerapan peta pikiran (mind map) pada siklus I motivasi belajar siswa memperoleh kategori cukup dan pada siklus II motivasi belajar siswa meperoleh kategori baik sekali. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan di lapangan peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepada Kepala Sekolah memberikan pembinaan kepada masing-masing guru tentang metode yang tepat yang harus digunakan dalam pengajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. 2. Guru Kelas diharapkan memperhatikan metode dan model pembelajaran yang digunakan dalam mengajar supaya siswa-siswinya dapat cepat dalam menangkap materi yang diberikan. 3. Siswa diharapkan menyadari peran dan tugasnya sebagai siswa. Belajar adalah hal utama bagi siswa. Denga belajar siswa dapat lebih mengasah kemampuan yang dimilikinya

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Drs.Sunardi
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 02:51
Last Modified: 27 Mar 2014 02:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2230

Actions (login required)

View Item View Item