STUDI KASUS PENERAPAN MODEL KONSELING GESTALT UNTUK MENANGANI SISWA TRAUMATIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 JUWANA TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

Ratriningtyas, Sisilia (2013) STUDI KASUS PENERAPAN MODEL KONSELING GESTALT UNTUK MENANGANI SISWA TRAUMATIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 JUWANA TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (573kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (64kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (128kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (104kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (47kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (36kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (36kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (284kB)

Abstrak

Sisilia Ratriningtyas. 2013. “Studi Kasus Penerapan Model Konseling Gestalt Untuk Mengatasi Siswa Traumatik Pada Siswa Kelas VIII SMP N 3 Juwana Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi program studi Bimbingan dan Konselig Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Drs. Masturi, MM , Dosen Pembimbing II Drs. Arista Kiswantoro. Kata Kunci : Konseling Gestalt, Siswa Traumatik Latar belakang penelitian dalam melakukan observasi pada siswa kelas VIII SMP N 3 Juwana Pati pada saat jam pelajaran berlangsung maupun pada saat jam istirahat untuk mengetahui siswa yang mengalami traumatik. Dalam pelaksanaannya peneliti menemukan beberapa siswa yang mengalami masalah dalam dirinya. Tetapi ada dua anak kelas VIII SMP N 3 Juwana Pati Tahun Pelajaran 2012/2013 yang sangat terlihat mengalami ketakutan dalam dirinya. Selain itu peneliti juga melakukan wawancara dengan teman – teman, guru, dan juga pihak sekolah ternyata dua anak tersebut memang sedang mengalami gangguan pada pikirannya. Rumusan masalah: 1. Apakah faktor – faktor penyebab trauma pada siswa kelas VIII SMP N 3 Juwana Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. 2. Apakah pendekatan model konseling gestalt efektif untuk menangani siswa traumatik kelas VIII SMP N 3 Juwana Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian: 1. Menemukan faktor penyebab trauma pada siswa kelas VIII SMP N 3 Juwana Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. 2. Untuk membantu siswa dalam mengatasi trauma dengan pendekatan model konseling gestalt di SMP N 3 Juwana Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian: 1 Kegunaan teoritis: 1. Salah satu bahan acuan penelitian dibidang bimbingan dan konseling. 2. Tambahan khasanah pengetahuan khususnya bidang bimbingan dan konseling tentang pelaksanaan penerapan pendekatan model konseling gestalt efektif untuk menangani traumatik pada siswa kelas VIII SMP N 3 Juwana Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. 2. Kegunaan praktis: 1. Siswa, dapat menghilangi sifat trauma yang dialaminya menjadi lebih baik. 2. Guru, untuk mengetahui tentang faktor – faktor penyebab siswa trauma dan lebih memahami tentang keadaan siswa sehari – hari. 3. Konselor sekolah, dapat digunakan sebagai pegangan atau pelaksanaan oleh konselor dalam menangani siswa traumatic. 4. Kepala sekolah, sebagai pedoman untuk menentukan bantuan terhadap siswa yang mengalami trauma serta kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu sekolah. Model pendekatan konseling gestalt yaitu suatu pendekatan yang memandang bahwa sebuah kehidupan manusia harus berani menerima resiko yang ada serta dapat bertanggung jawab atas kehidupannya masing – masing. Subyek penelitian MRD dan SA. Sedangkan sikap trauma merupakan suatu luka yang diakibatkan oleh suatu peistiwa yang sangat mengganggu perkembangan psikis individu. Penelitian tentang Studi Kasus Penerapan Model Konseling Gestalt untuk Menangani Siswa Traumatik di SMP N 3 Juwana Pati Tahun Pelajaran 2012/2013 ini dilakukan dengan pendekatan secara kualitatif. Pembahasan konseli I (MRD) dengan teknik pembalikan maka konseli akan merasakan kembali dengan apa yang telah terjadi dengannya, karena konseli selalu menghindar jika ada teman – temannya yang mencoba mendekati konseli. Dengan teknik tersebut konseli sedikit demi sedikt akan berani kembali dengan teman – teman satu kelasnya lagi. Pembahasan konseli II (SA) dengan teknik melebih- lebihkan dimana teknik ini yaitu perasaan yang ada dalam diri konseli terluapkan semua dengan adanya suatu gerakan yang melebih – lebihkan dengan tujuan agar konseli tidak takut dan memiliki perasaan yang salah terhadap guru mata pelajaran matematikanya sendri. Simpulan dari penelitian melalui model pendekatan layanan konseling gestalt ini dapat mengubah kesadaran konseli dan konseli memiliki tanggung jawab atas kehidupannya sendiri. Disarankan bagi sekolah untuk perlu memberikan rekomendasi khusus kepada guru bimbingan dan konseling untuk menindaklanjuti hasil penelitian dan mengadakan pertemuan secara periodik untuk dengan guru kelas, guru mata pelajaran dan guru BK untuk membahas masalah yang muncul pada diri siswa. Guru BK dapat menerapkan layanan konseling gesralt untuk mengatasi masalah siswa yang mengalami kecemasan, traumatik atau masalah lain yang terkait dengan masalah yang menyangkut kesadaran dalam diri individu. Supaya permasalahan siswa bisa terentaskan dan lebih mampu memikul tanggung jawab atas kehidupannya sendiri. Siswa sebaiknya meningkatkan kepercayaan kepada konselor sekolah dan mau memanfaatkan layanan konseling gestalt untuk membantu menyelesaikan masalah – masalah yang bersifat irasional dalam bidang pribadi, social, karir, maupun belajar, termasuk siswa yang mengalami traumatik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Masturi, M.M.
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Feb 2014 03:39
Last Modified: 27 Feb 2014 03:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2231

Actions (login required)

View Item View Item