UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN TEMAN SEBAYA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS X SMAN 1 JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Noviana, Eva (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN TEMAN SEBAYA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS X SMAN 1 JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (506kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (141kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (324kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (240kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (538kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (97kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (123kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (72kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB)

Abstrak

Noviana Eva 200931143 “Upaya meningkatkan Kemampuan Membina Hubungan Baik dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Siswa Kelas X SMAN 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013” Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Drs. Sunardi, Dosen Pembimbing II Drs. Sabar Rutoto, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Membina Hubungan Baik dengan Teman Sebaya, Bimbingan Kelompok. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang ada di SMAN 1 Jekulo Kudus bahwa ada beberapa siswa kelas X yang Kemampuan membina hubungan baik dengan teman sebayanya rendah. Oleh karena itu diperlukan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan membina hubungan baik rendah siswa. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan membina hubungan baik rendah siswa kelas X SMAN 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan kemampuan membina hubungan baik dengan teman sebaya siswa sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok siswa kelas X SMAN 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013, 2. Untuk diperoleh peningkatan kemampuan membina hubungan baik melalui bimbingan kelompok siswa kelas X SMAN 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis: hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pengembangan teknik dan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling, khususnya layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan membina hubungan baik dengan teman sebaya, 2. Kegunaan Praktis: 1) Bagi Konselor, 2) Bagi Sekolah, 3) Bagi Orang Tua, 4) Bagi Siswa. Dalam bahasan ini hanya mengungkap bimbingan kelompok dan membina hubungan baik dengan teman sebaya. Sesuai dengan judul penelitian “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membina Hubungan Baik Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Siswa Kelas X SMAN 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”, maka definisi operasional dan variabel-variabel dalam penelitian ini adalah membina hubungan baik dan bimbingan kelompok. Membina hubungan baik merupakan keinginan atau dorongan dari dalam diri untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain atau teman sebaya. Dalam membina hubungan perlu untuk membangun atau membina suatu hubungan akrab atau hubungan timbal-balik dengan orang lain. Dalam upaya meningkatkan hubungan baik siswa yang kurang, peneliti menggunakan layanan bimbingan kelompok. Layanan bimbingan kelompok adalah suatu kegiatan pemberian layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh seorang ahli (konselor) melalui dinamika kelompok, untuk membahas suatu hal yang berguna bagi pengembangan pribadi. Setelah diadakan kajian pustaka, maka penulis menemukan karya ilmiah yang relevan dengan tema hubungan teman sebaya. Diantaranya penelitian Martha Ayu Permata Nilam, NIM 200831084 dari UMK, mengenai “Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas XI IPA SMA MUHAMMADIYAH KUDUS Tahun Pelajaran 2011/2012”. Nuraningsih (2010), telah melaksanakan penelitian yang berjudul “Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Dengan Teman Sebaya Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Cicalengka Tahun Pelajaran 2010/2012”. Reny Puspitasari NIM 200631051 dari UMK, tentang hubungan pergaulan teman sebaya dengan sikap sosial siswa M3 SMK Wisudha Karya Kudus.Tempat penelitian di SMK WISUDHA KARYA Kudus. Kerangka pikiran penelitian ini adalah Melalui layanan bimbingan kelompok siswa yang kurang mampu membina hubungan baik dengan teman sebayanya dapat membina hubungan baik dan dapat bersosialisai dengan teman sebayanya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: ”Bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan membina hubungan baik yang rendah pada siswa kelas X SMAN 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Peneliti dikatakan berhasil jika siswa sudah mencapai peningkatan perubahan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok oleh peneliti. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 SMAN 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013, sebanyak 8 siswa yang kemampuan membina hubungan baiknya dalam kategori rendah berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Variabel penelitian: bimbingan kelompok (Variabel Bebas) dan membina hubungan baik dengan teman sebaya (variabel terikat), jadwal penelitian, lama tindakan, dan personalia penelitian. Metode pengumpulan data melalui metode observasi sebagai metode pokok dan metode wawancara sebagai metode pendukung. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan melalui 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 kali pertemuan membahas 6 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara sebelum tindakan bimbingan kelompok kemampuan membina hubungan baik siswa memperoleh skor rata-rata 17,5. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus I, skor rata-rata kemampuan membina hubungan baik 25,5, ada peningkatan 9. Pada siklus II skor rata-rata kemampuan membina hubungan baik 41, ada peningkatan sebesar 15,5. Hal demikian menunjukkan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan membina hubungan baik dengan teman sebaya rendah siswa kelas X SMAN 1 Jekulo Kudus. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan membina hubungan baik dengan teman sebaya siswa kelas X SMAN 1 Jekulo Kudus. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah, 2. Konselor .

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sunardi
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Feb 2014 04:00
Last Modified: 27 Feb 2014 04:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2234

Actions (login required)

View Item View Item