MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOKSISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN 1 SMK NEGERI 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Pratiwi, Meidiana Hana (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOKSISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN 1 SMK NEGERI 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (393kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (122kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (195kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (357kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (509kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (121kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (68kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (66kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB)

Abstrak

Pratiwi, Meidiana Hana. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing (I) Drs. Sucipto, M.Pd, Kons. (II) Drs. Masturi, M.M Kata Kunci: Penyesuaian Diri; Bimbingan Kelompok. Dalam upaya pencapaian hasil belajar yang optimal, kemampuan siswa dalam menyesuaikan diri di lingkungan sekolah, sangatlah penting karena sangat berpengaruh dalam keberhasilan belajar siswa. Dari hasil pengalaman peneliti selama melaksanakan PPL di SMKN 1 Kudus menunjukkan adanya banyak peserta didik yang masih kurang dalam menyesuaiakan dirinya di lingkungan sekolah. Salah satunya ditandai dengan banyaknya penyimpangan dalam perilakunya. Untuk itu diperlukan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa. Rumusan masalah penelitian ini: Bagaimanakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 ? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan penyesuaian diri melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMKN 1 Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Secara teoritis, penelitian ini bermanfaat dalam memberikan wawasan keilmuan khususnya yang berhubungan dengan bimbingan dan konseling, khususnya menyangkut tentang peningkatan penyesuaian diri siswa. Penelitian ini akan menguji hipotesis penelitian yang berbunyi bimbingan kelompok dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Kajian pustaka pada penelitian ini adalah penyesuaian diri siswa dan bimbingan kelompok. Dari kajian pustaka tersebut maka hipotesis dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: “Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013” Bentuk dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMKN 1 Kudus sebanyak 8 siswa. Adapun prosedur PTBK pada tiap siklus akan dilakukan dalam empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dengan melalukan penelitian sebanyak 2 siklus, tiap siklus 3 kali pertemuan. Dan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi sebagai metode pokok dan wawancara sebagai metode pendukung. Analisis data penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian: berdasarkan hasil observasi diperoleh temuan bahwa pelaksanaan meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa melalui layanan bimbingan kelompok sudah baik. Hasil penelitian indikator siswa sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok sebesar 27,2%, dan terjadi peningkatan sebesar 51,8% menjadi 79% dalam kategori baik. Simpulan: berdasarkan hasil pembahasan penelitian tindakan bimbingan konseling, maka dapat disimpulkan bahwa: 1. Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMKN 1 Kudus. 2. Kemampuan penyesuaian diri siswa setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok rata-rata dalam kategori baik. Saran: berdasarkan hasil kesimpulan diatas peneliti menyarankan kepada 1. Kepala Sekolah, memotivasi para konselor sekolah untuk melakukan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. 2. Guru Pembimbing, Melakukan pengamatan sejak dini dalam upaya meningkatkan penyesuaian diri, agar dapat dilakukan tindakan kuratif dan preventif bagi siswa. 3. Siswa, hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan fungsi bimbingan dan konseling di sekolah 4. Bagi Peneliti selanjutnya pengembangan penelitian selanjutnya agar lebih kreatif dan inovatif dalam penelitiannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Drs.Sucipto,M.Pd,Kons
Uncontrolled Keywords: bimbingan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 03:23
Last Modified: 27 Mar 2014 03:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2235

Actions (login required)

View Item View Item