UPAYAMENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA KELAS XI IPS-5 SMA NEGERI 2 BAEKUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sari, Erlin Aristiana Novita (2013) UPAYAMENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA KELAS XI IPS-5 SMA NEGERI 2 BAEKUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (149kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (358kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (338kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (547kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (159kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (128kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (80kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB)

Abstrak

Novita Sari, Erlin Aristiana.2013. Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Kelas XI IPS-5 SMA Negeri 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi.Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: I.Dra. Hj. Sutarti, SE, MM. II. Drs. Sunardi. Kata Kunci: Layanan Penguasaan Konten dan Tanggung Jawab. Tanggung jawab di lingkup sekolah bagi siswa adalah menaati peraturan yang berlaku dan mengikuti kegiatan pembelajaran sebaik mungkin. Akan tetapi tingkat tanggung jawab siswa dalam kegiatan pembelajaran pada kelas XI IPS.5 SMA Negeri 2 Bae tergolong masih dalam kategori kurang atau rendah. Dari hasil wawancara kepada guru pembimbing dan observasi terhadap 36 siswa kelas XI IPS.5 sebagian besar siswa kelas ini belum memahami akan tanggung jawabnya sebagai seorang pelajar, belum menunjukan sikap yang bertanggung jawab di dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menggunakan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan tanggung jawab siswa dalam kegiatan pembelajarn. Rumusan masalah:”Bagaimanakah layanan penguasaan konten dapat meningkatkan tanggung jawab siswa dalam kegiatan pembelajaran pada Kelas XI IPS.5 SMA Negeri 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”?. Tujuanpenelitian: 1.Mendiskripsikan tanggung jawab siswa dalam kegiatan pembelajaran sesudah diberi layanan penguasaan konten padakelas XI IPS.5 SMA Negeri 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. 2. Diperoleh peningkatan tanggung jawab siswa dalam kegiatan pembelajaran melalui layanan penguasaan konten pada kelas XI IPS.5 SMA N 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian: Bagi kepala sekolah, dapat digunakan untuk mendukung pelaksanaan penelitian dalam meningkatkan tanggung jawab siswa dalam kegiatan pembelajaran melalui layanan penguasaan konten. Bagi guru pembimbing, diharapkan sebagai dasar dalam memberikan bantuan pada siswa yang belum menguasai tanggung jawab dalam kegiatan pembelajaran. Bagi siswa, diharapkan siswa dapat meningkatkan tanggung jawab sehingga terjadi perubahan prilaku dan peningkatan prestasi dalam belajarnya. Hipotesis yang diajukan: layanan penguasaan konten dapat meningkatkan tanggung jawab siswa dalam kegiatan pembelajaran pada kelas XI IPS.5 SMA Negeri 2 Bae Kudus tahun pelajaran2012/2013. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS.5 SMA N 2 Bae Kudus sebanyak 36 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah layanan penguasaan konten sebagai variabel bebas (Independent) dan tanggung jawab siswa sebagai variabel terikat (Dependent). Penelitian ini berbentuk PTK-BK yang dalam pelaksanaannya penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus atau putaran. Tiap siklus terdiri atas empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil observasi peneliti dan guru pembimbing terhadap tanggung jawab siswa dalam kegiatan pembelajaran pada setiap siklus 1 pertemuan 1,2,3 dan siklus II pertemuan 1,2,3, mengalami peningkatan yaitu pada siklus I pertemuan 1 mendapat hasil rata-rata 34,3%, pada pertemuan 2 mendapat hasil rata-rata 40,5%, pada pertemuan 3 mendapat hasil rata-rata 50,3%, maka rata-rata yang diperoleh pada siklus I yakni 7,4%. Pada siklus II pertemuan 1 mendapat hasil rata-rata 67,3 %, pada pertemuan 2 mendapat hasil 75,4%, pada pertemuan 3 mendapat hasil rata-rata 84,1%, maka rata-rata yang diperoleh pada siklus II yakni 75,6%. Jadi melalui layanan penguasaan konten dapat meningkatkan tanggung jawab siswa dalam kegiatan pembelajaran pada kelas XI IPS 5 SMA Negeri 2 Bae Kudus tahun Pelajaran 2012/3013 dengan nilai peningkatan 33,9% dari siklus I yakni 41,7% menjadi 75,6% pada siklus II. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Setelah diberikan tindakan layanan penguasaan konten sebanyak 2 siklus 6 kali tindakan, permasalahan tanggung jawab dapat diselesaikan, hal ini dibuktikan adanya peningkatan yang segnifikan pada setiap tindakannya. Penelitian tindakan PTBK siklus I dan II terbukti meningkat, maka hipotesis “layanan penguasaan konten dapat meningkatkan tanggung jawab siswa dalam kegiatan pembelajaran pada kelas XI IPS.5 SMA Negeri 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2012/2013, dapat diterima karena teruji kebenarannya. Pada siklus I memperoleh rata-rata sebanyak 41,7% sedangkan pada siklus II memperoleh hasil 75,6%. Diperoleh peningkatan sebanyak 33,9% dari siklus I ke siklus II yakni 41,7% menjadi 75,6%. Saran yang diberikan: 1. Kepada Kepala sekolah, diharapkan menambah fasilitas, sarana, dan prasarana BK yang lebih baik, Karena PTK tentang layanan penguasaan konten dapat meningkatkan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran terbukti kebenarannya.2. Kepada Guru pembimbing, diharapkan dapat menerapkan layanan penguasaan konten seoptimal mungkin sehingga dapat mengatasi permasalahan tanggung jawab dalam pembelajaran agar siswa dapat mengikuti pembelajaran sebaik mungkin. 3. Kepada siswa, diharapkan siswa memanfa’atkan layanan penguasaan konten dengan baik, agar masalah tanggung jawab dalam kegiatan pembelajaran dapat terselesaikan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Sutarti, SE, MM
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Feb 2014 04:17
Last Modified: 27 Feb 2014 04:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2237

Actions (login required)

View Item View Item