UPAYA PENINGKATAN HARGA DIRI (SELF ESTEEM) MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK BHAKTI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Yunitasari, Dina Fajar (2013) UPAYA PENINGKATAN HARGA DIRI (SELF ESTEEM) MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK BHAKTI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (316kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (140kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (406kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (337kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (500kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (135kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (66kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (68kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB)

Abstrak

Dina Fajar Yunitasari. 2013. “Upaya Peningkatan Harga Diri (Self Esteem) Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Bhakti Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing I Dra. Hj. Sutarti, SE, MM, Dosen Pembimbing II Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok; Harga Diri Setiap individu dianugerahi kekurangan dan kelebihan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Diketahui sebelumnya siswa kelas XI Akuntansi SMK Bhakti Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 mengelami persoalan kurangnya penghargaan terhadap diri sendiri. Berdasarkan wawancara diketahui 8 siswa yang mempunyai penghargaan diri yang rendah. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah layanan Bimbingan Kelompok dapat meningkatkan harga diri siswa kelas XI Akuntansi. Tujuan penelitian: Untuk Memperoleh peningkatan harga diri melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Bhakti Kudus yang pada kondisi awal rendah, agar menjadi baik. Kegunaan penelitian: Kegunaan Teoritis: dapat lebih memperluas ilmu pengetahuan tentang layanan bimbingan kelompok sebagai acuan untuk penelitian yang lebih luas lagi. Kegunaan Praktis: 1. Bagi Kepala sekolah dijadikan acuan untuk menyediakan fasilitas layanan bimbingan dan konseling. 2. Bagi Konselor dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan kebijaksanaan dan pembinaan remaja yang berguna untuk penelitian selanjutnya, dan sebagai bahan masukan dalam pengembangan bimbingan dan konseling. 3. Bagi siswa Sebagai acuan terhadap siswa peningkatan harga diri. 3. Bagi peneliti dapat mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Dalam penelitian yang dilakukan membahasa tentang harga diri dan layanan bimbingan kelompok. Harga diri merupakan penghargaan seseorang terhadap dirinya sendiri. Sedangkan bimbingan kelompok merupakan layanan yang digunakan untuk membantu dan mengatasi masalah yang dihadapi. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah Dengan pemanfaatan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan harga diri (self esteem) pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Bhakti Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas XI Akuntansi SMK Bhakti Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 yang memiliki penghargaan diri rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Variabel Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan Harga diri (Variabel terikat). Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus, 3 kali pertemuan membahas 6 materi setiap siklus alokasi waktu 45 menit per pertemuan. Sedangkan analisis data secara diskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi pada setiap siklus. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dan analisis data terhadap siswa kelas XI Akuntansi, pada kondisi awal siswa yang memiliki penghargaan diri dalam kategori rendah. Pra Layanan Bimbinga kelompok untuk meningkatkan harga diri yaitu dengan rata-rata 9.8 (sangat kurang), setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus I hasil rata-rata skor 23.4 (kurang), dari hasil survei awal harga diri siswa sampai siklus I ada peningkatan (13.6%). Pada siklus II hasil rata-rata skor menjadi 38.1, dari hasil layanan bimbingan kelompok siklus I sampai siklus II ada peningkatan (14.7%). Pelaksanaan Meningkatkan harga diri melalui layanan bimbingan kelompok meningkat. Pada siklus I (13.6%), dan siklus II meningkat (14.7%). Simpulan:berdasarkan hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI Akuntansi ada peningkatan. Hal ini terbukti bahwa siswa aktif dalam proses layanan bimbingan kelompok, siswa lebih berani dalam mengemukakan pendapat. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Saran kepada: 1. Kepala sekolah untuk dapat memberikan kebijakan yang mendukung pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah. 2. Bagi konselor hendaknya konselor dapat menggunakan teknik atau layanan bimbingan kelompok dengan efektif untuk meningkatkan harga diri siswa yang rendah. 3. Bagi siswa hendaknya memanfaatkan fungsi bimbingan konseling di sekolah seperti layanan bimbingan kelompok untuk membantu siswa dalam meningkatakan harga diri yang dimiliki untuk meraih masa depan yang lebih baik

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Dra.Hj.Sutarti,SE,MM.
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 03:22
Last Modified: 27 Mar 2014 03:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2249

Actions (login required)

View Item View Item