UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA SISWA KELAS VIII E SMP N 4 BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Khusniah, Khotimatul (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA SISWA KELAS VIII E SMP N 4 BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (122kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (210kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (159kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (348kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (167kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (62kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (81kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB)

Abstrak

Khusniah, Khotimatul, 2013 “Upaya meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 4 Bae Kudus Thun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi program studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Dra. Hj. Sutarti, SE, MM., Dosen Pembimbing II Drs. Sabar Rutoto, M.Pd. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Layanan Penguasaan Konten. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penurunan motivasi belajar siswa yang berdampak pada prestasi belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Bae Kudus, siswa yang mengalami penurunan prestasi belajar dikarenakan motivasi belajarnya rendah, apabila hal ini dibiarkan secara terus-menerus maka akan berdampak pada prestasi belajar mereka, oleh karena itu peneliti melaksanakan layanan penguasaan konten untuk mengatasi penurunan motivasi belajar siswa. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah layanan penguasaan konten efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah: Diperolehnya peningkatan motivasi belajar melalui layanan penguasaan konten pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Motivasi belajar adalah suatu dorongan pada diri siswa baik yang berasal dari dalam diri siswa maupun dari luar diri siswa untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Layanan penguasaan konten adalah layanan konseling yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan diri berkenaan dengan sikap, kebiasaan belajar, penguasaan materi dan kesulitan menghadapi pelajaran. Sehingga peneliti mengambil hipotesis “Layanan penguasaan konten dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Bae Kudus, sebanyak 20 siswa yang mempunyai motivasi belajar yang rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: layanan penguasaan konten (variable bebas) dan motivasi belajar (variable terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus dilaksanakan dengan 3x pertemuan, dengan alokasi waktu 45 x 2 menit (2 jam pelajaran). Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan layanan penguasaan konten motivasi belajar siswa rendah dalam kategori kurang dengan tingkatan skor 10-17. Setelah diberikan layanan penguasaan konten pada siklus I motivasi belajar siswa mengalami peningkatan cukup baik dengan hasil tingkatan skor 27-34. Kemudian pada siklus II setelah diberikan layanan penguasaan konten motivasi belajar siswa terus meningkat menjadi baik dengan tingkatan skor 38-41. Hasil observasi layanan penguasaan konten indikator high touch di siklus I ini memperoleh hasil rata-rata 60%, dan pada indikator high tech di siklus I ini memperoleh hasil rata-rata 60,3%. Pada Siklus II aktivitas peneliti indikator high touch memperoleh hasil rata-rata 80,3%, ada peningkatan sebesar 17% dari siklus I. Dan siklus II indikator high tech memperoleh hasil rata-rata 82,6% terjadi peningkatan sebesar 22,3% dari siklus I. Hal ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian tersebut menunjukkan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Bae Kudus. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah, diharapkan bahan pertimbangan dan masukkan dalam memberikan kebijakkan pada guru saat proses pembelajaran agar membantu siswa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. 2. Kepada siswa, hendaknya dilatih untuk membangun kesadaran siswa dalam belajar. 3. Guru Pembimbing, hendaknya mampu membimbing siswaagar mau dan senang dalam belajar. Dan diharapkan dapat membuat siswa merasa mendapat dukungan , membuat siswa bertanggung jawab dan mendidik siswa untuk mencapai tujuan yang realistis.  

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Sutarti, SE, MM
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 28 Feb 2014 01:53
Last Modified: 28 Feb 2014 01:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item View Item