UPAYA MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF DALAM BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS XI IPA 1 SMA 1 MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ulfa, Sofiana (2013) UPAYA MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF DALAM BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS XI IPA 1 SMA 1 MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
Cover.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (40kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstrak

Ulfa, Sofiana. 2013. Upaya Meningkatan Konsep Diri Positif Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas XI IPA 1 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing : (1) Drs. Masturi, MM, (2) Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons. Kata Kunci: Konsep Diri Positif dalam belajar, Bimbingan Kelompok Setiap individu pasti memiliki konsep diri, tetapi mereka tidak tahu apakah konsep diri yang dimiliki itu negative atau positif. Siswa yang memiliki konsep diri positif ia akan memiliki dorongan mandiri lebih baik, ia dapat mengenal serta memahami dirinya sendiri. Konsep diri yang positif itu sangat luas, kaitannya dengan penelitian ini, hanya difokuskan dalam hal belajar. Siswa SMA I Mejobo Kudus kelas XI IPA I yang memiliki konsep diri positif rendah yaitu ditandai dengan rendahnya sikap percaya diri siswa, kurangnya motivasi diri siswa, tidak adanya keyakinan pada diri siswa, tidak adanya sikap optimis dalam diri siswa, kurangnya tanggung jawab siswa, dan menurunnya prestasi belajar siswa. Sesuai dengan permasalahan diatas, maka penulis berkeinginan meneliti tentang “Upaya Meningkatan Konsep Diri Positif Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas XI IPA 1 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan konsep diri positif dalam belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA 1 Mejobo tahun pelajaran 2012/2013?. Berdasarkan rumusan masalah diatas dapat dirumuskan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: dideskripsikannya konsep diri positif dalam belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA 1 Mejobo tahun pelajaran 2012/2013 sebelum dan sesudah menggunakan layanan bimbingan kelompok. Selain itu tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu diperolehnya peningkatan konsep diri positif dalam belajar melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas XI IPA 1 SMA 1 Mejobo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini membahas teori-teori yang berhubungan dengan konsep diri dan bimbingan kelompok. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu “layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan konsep diri positif dalam belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA 1 Mejobo tahun pelajaran 2012/2013.” Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa SMA I Mejobo Kudus kelas XI IPA I sebanyak 8 orang yang memiliki konsep diri positif dalam belajar rendah. Variabel penelitiannya yaitu: layanan bimbingan kelompok (variabel bebas), dan peningkatan konsep diri positif dalam belajar (variabel terikat). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode pokok observasi, dan metode pendukung wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu deskriptif komparatif. Penelitian ini berbentuk PTK BK yang dalam pelaksanaannya dilakukan dalam 2 siklus, (siklus I dan siklus II). Setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian pada pra siklus diperoleh rata-rata persentase adalah 15,6 (31,2%) dengan kategori sangat rendah. Pada siklus I adalah 22,3 (44,6%) dengan kategori rendah. Dan siklus II adalah 47,3 (94,6%) dengan kategori sangat tinggi. Hal ini dikarenakan pada tahap ini semua anggota kelompok sangat antusias, semangat, dan semua anggota kelompok bisa berinteraksi dengan maksimal, saling bertukar pikiran, memberikan pendapat, sehingga dalam kegiatan layanan bimbingan kelompok yang diadakan oleh peneliti itu tercapai suatu keberhasilan yang maksimal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan konsep diri positif dalam belajar siswa. Hal ini terbukti bahwa sebelum menggunakan layanan bimbingan kelompok memperoleh kategori sangat rendah. Setelah menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siklus I pada pertemuan III memperoleh kategori rendah, dan pada siklus II pertemuan III memperoleh kategori sangat tinggi. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan terhadap penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui layanan bimbingan kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan konsep diri positif dalam belajar siswa. Saran yang diberikan : 1. Kepala Sekolah, memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung agar program Bimbingan dan Konseling dapat terlaksana dengan baik. 2. Bagi guru Pembimbing, memberikan layanan bimbingan kelompok berkaitan dengan konsep diri positif siswa secara intensif dan dalam pemberian layanan bimbingan kelompok sesuai dengan kebutuhan siswa agar potensi siswa dapat berkembang secara optimal. 3. Siswa, agar mempunyai penerimaan diri yang baik, dalam upaya meningkatkan konsep diri positif dalam belajar agar dapat meraih prestasi belajar yang memuaskan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Drs. Masturi, MM.
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Feb 2014 02:39
Last Modified: 28 Feb 2014 02:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2261

Actions (login required)

View Item View Item