UPAYA MENGATASI DAMPAK NEGATIF POLA ASUH DALAM KELUARGA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI AP 2 SMK TAMANSISWA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Prasanti, Zuni (2013) UPAYA MENGATASI DAMPAK NEGATIF POLA ASUH DALAM KELUARGA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI AP 2 SMK TAMANSISWA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (343kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (326kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (322kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (353kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (320kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (134kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB)

Abstrak

Prasanti, Zuni. 2013. Upaya Mengatasi Dampak Negatif Pola Asuh dalam Keluarga melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas XI AP 2 SMK Tamansiswa Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: (i) Drs. Sucipto, M.Pd, Kons., (ii) Dr. Sukiman, M.Pd. Kata Kunci : Pola Asuh Keluarga, Bimbingan Kelompok. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti pada kelas XI AP 2 SMK Tamansiswa Kudus diperoleh hasil yang menunjukkan tidak adanya upaya untuk mengatasi dampak negatif pola asuh dalam keluarga sehingga diperlukan upaya bantuan melalui layanan bimbingan kelompok. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah Bimbingan Kelompok dapat untuk mengatasi dampak negatif pola asuh dalam keluarga pada siswa kelas XI AP 2 SMK Tamansiswa Kudus Tahun pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan dampak negatif pola asuh dalam keluarga sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI AP 2 SMK Tamansiswa Kudus tahun pelajaran 2012/ 2013, 2. Diperolehnya dampak dan solusi yang ditimbulkan dari pengaruh pola asuh orang tua dalam keluarga terhadap pembentukan kepribadian anak pada siswa kelas XI AP 2 SMK Tamansiswa Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan teoritis: hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang layanan bimbingan dan konseling sebagai bahan referensi untuk penelitian yang lebih luas lagi. 2. Kegunaan praktis: a. Bagi guru pembimbing yaitu Sebagai bahan acuan untuk melaksanakan layanan bimbingan konseling dengan sungguh-sungguh, dan mengetahui betapa pentingnya layanan konseling bagi siswa khususnya layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi dampak negatif pola asuh dalam keluarga, b. Bagi guru bidang studi sebagai agar guru memiliki kemampuan memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu kajian yang mendalam terhadap apa yang terjadi di kelasnya, c. Bagi orang tua yaitu sebagai bahan acuan dan sebagai wacana untuk mendidik dan mengarahkan anaknya agar lebih baik ke arah masa depan yang cerah. Hipotesis penelitian bimbingan kelompok dapat untuk mengatasi dampak negatif pola asuh dalam keluarga siswa kelas XI AP 2 SMK Tamansiswa Kudus tahun pelajaran 2013. Tempat penelitian ini di SMK Tamansiswa Kudus pada bulan mei 2013 dengan subjek penelitian 8 siswa kelas XI. Dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa metode observasi dan wawancara. Penelitian ini adalah PTBK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus dengan 3 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat untuk mengatasi dampak negatif pola asuh dalam keluarga pada siswa kelas XI AP 2 SMK Tamansiswa Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini terbukti bahwa upaya mengatasi dampak negatif pola asuh dalam keluarga sebelum diberi tindakan bimbingan kelompok berdasarkan kelima aspek yang diteliti dapat diuraian dengan rata-rata kurang, 3 siswa dengan kategori sangat kurang (37,5%) dan 5 siswa mendapat kategori kurang (62,5%). Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan metode diskusi dan tanya jawab dengan angggota kelompok selama tiga kali pertemuan maka upaya mengatasi dampak negatif pola asuh dalam keluarga pada siklus I meningkat dengan rata-rata cukup, dapat dilihat dengan adanya 2 siswa kategori kurang (25%), dan 6 siswa kategori cukup (75%). Peningkatan itu juga terjadi pada siklus II 2 siswa dengan kategori cukup (25%), 5 siswa dengan kategori baik (62,5%), dan 1 siswa dengan kategori sangat baik (12,5%). Saran yang diajukan: 1. Bagi guru pembimbing adalah hendaknya harus memperhatikan dan meningkatkan kegiatan bimbingan kelompok pada tahap inti karena pada tahap itulah menentukan berhasil atau tidaknya kegiatan yang dilaksanakan sehingga berdampak pada upaya mengatasi dampak negatif pola asuh dalam keluarga, 2. Bagi siswa yaitu diharapkan agar lebih memahami tentang pola asuh dan mengenali tipe-tipe dalam pola asuh sehingga hal ini tidak mengganggu dalam proses pembelajaran, serta dalam bersikap percaya diri dan mandiri, 3. Bagi peneliti diharapkan peneliti mampu mengembangkan aspek-aspek yang menjadi indikator keberhasilan dalam penelitian dan mengembangkan metode binbingan kelompok secara kreatif dan inovatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Sucipto, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 28 Feb 2014 03:06
Last Modified: 28 Feb 2014 03:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2265

Actions (login required)

View Item View Item