UPAYA MENINGKATKAN BUDI PEKERTI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS XI PEMASARAN 3 SMK NEGERI 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Khotimah, Husnul (2013) UPAYA MENINGKATKAN BUDI PEKERTI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS XI PEMASARAN 3 SMK NEGERI 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (225kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (299kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (371kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (213kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (109kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (107kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB)

Abstrak

Husnul Khotimah. 200931009. “Upaya Meningkatkan Budi Pekerti Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013.” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: 1. Drs. Sucipto, M. Pd, Kons., 2. Drs. Masturi, M. M. Kata Kunci: Budi Pekerti, Bimbingan Kelompok. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penurunan Budi Pekerti siswa yang berdampak pada perilaku siswa kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Kudus. Ada 8 siswa yang perilakunya menunjukkan kurang sesuai dengan yang seharusnya, apabila hal ini dibiarkan secara terus menerus maka akan berdampak pada budi pekerti mereka, oleh karena itu peneliti melaksanakan layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi penurunan budi pekerti siswa. Permasalahan yang akan diteliti: Bagaimana menerapkan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan budi pekerti pada siswa kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah: Diperolehnya peningkatan budi pekerti melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis: Memberikan tambahan keilmuan yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling, khususnya menyangkut tentang bimbingan kelompok dan budi pekerti siswa. 2. Kegunaan Praktis: 1) Kepala Sekolah, Memberikan masukan berupa informasi ilmiah tentang pentingnya pemberian layanan bimbingan dan konseling di sekolah dalam rangka membantu siswa untuk berkembang secara optimal, kaitannya tentang peningkatan budi pekerti siswa. 2) Guru Pembimbing, Memberikan wawasan yang lebih luas dan digunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan budi pekerti siswa utamanya melalui layanan bimbingan kelompok. 3) Siswa, Melalui bimbingan kelompok siswa dapat memperoleh pengalaman baru sebagai upaya meningkatkan budi pekerti siswa. 4) orang Tua, Hasil penelitian dapat digunakan orang tua sebagai masukan sehingga orang tua dapat memantau budi pekerti anak-anaknya. Hipotesis Penelitian ini adalah: Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan budi pekerti siswa kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Kudus, sebanyak 8 siswa yang mempunyai budi pekerti rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Kajian pustaka pada penelitian ini adalah mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan budi pekerti siswa dan bimbingan kelompok. Dari kajian pustaka tersebut maka hipotesis dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: “Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan budi pekerti siswa kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Setting penelitian ini adalah kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Kudus dengan subjek penelitian 8 siswa yang mempunyai budi pekerti rendah. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan Budi Pekerti (Variabel Terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok budi pekerti siswa rendah dan masuk dalam ketegori kurang dengan skore rata-rata 11,5%. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus I, budi pekeryi siswa menngkat menjadi kategori kurang dengan skore rata-rata 16,3%. Sedangkan pada siklus II budi pekerti siswa terus meningkat menjadi ketegori sangat baik dengan perolehan skore rata-rata 25,6%. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan budi pekerti siswa kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah diharapkan dilengkapi pelayanan dan penanganan khusus dan profesional dibidang bimbingan dan konseling. 2. Wali kelas pengajaran budi pekerti hendaknya disampaikan dengan mengadakan bimbingan kelompok lanjutan. 3. Orang tua sebagai pendorong, pengawas, sekaligus contoh dari perilaku anak. 4. Siswa diharapkan dapat mengatasi masalah yang dihadapi khususnya mengenai akhlak budi pekerti. 5. Peneliti berikutnya perlu diadakan penelitian yang lebih lengkap dan mendalam tentang budi pekerti.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sucipto, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 28 Feb 2014 03:14
Last Modified: 28 Feb 2014 03:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2266

Actions (login required)

View Item View Item