UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR MEMBACA AL- QUR’AN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA SISWA KELAS XI IPS 1 MAN 01 PATI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Setyowati, Endang (2013) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR MEMBACA AL- QUR’AN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA SISWA KELAS XI IPS 1 MAN 01 PATI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (470kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (300kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (469kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (355kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (846kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (194kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (228kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB)

Abstrak

Setyowati, Endang. 2013. “Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Membaca Al-Qur’an Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Kelas XI IPS 1 MAN 01 Pati Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi program Studi Bimbingan danKonseling, Dosen Pembimbing I Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons.,Dosen Pembimbing II Drs. SusiloRahardjo, M.Pd. Kata kunci: Membaca Al-Qur’an; Layanan Penguasaan Konten. Latar belakang penelitian ini berdasarkan pengalaman penulis ketika masuk MAN, hasil wawancara dan observasi terhadap guru pembimbing diperoleh data siswa di kelas XI IPS, ada yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar, khususnya pada kelas XI IPS 1 MAN 01 Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan latar belakang tersebut ditemukan data tentang kemampuan belajar siswa yang masih rendah dalam membaca Al-Qur’an seperti, siswa kurang senang saat membaca Al-Qur’an, minat siswa masih rendah, belum lancar dalam membaca Al-Qur’an, dan sering gaduh di kelas. Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Apakah dengan menggunakan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemampuan belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar bagi siswa kelas XI IPS I MAN 01 Pati tahun pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan kemampuan belajar membaca Al-Qur’an sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten pada siswa kelas XI IPS I MAN 01 Pati. 2. Untuk mengetahui atau menemukan seberapa besar peningkatan kemampuan belajar membaca Al-Qur’an melalui layanan penguasaan konten pada siswa kelas XI IPS I MAN 01 Pati. Kajian pustakanya adalah membaca Al-Qur’an dan layanan penguasaan konten. Hipotesis penelitian adalah Ada peningkatan kemampuan belajar membaca Al-Qur’an dengan menggunakan layanan penguasaan konten pada siswa kelas XI IPS I MAN 01 Pati tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 MAN 01 Pati , sebanyak 30 siswa yang mempunyai kemampuan belajar membaca Al-Qur’an yang renda h berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Layanan PenguasaanKonten (Variabel bebas) dan Membaca Al-Qur’an (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitiannya yaitu kualitatif kuantitatif yang dianalisis secara deskriptif. Penelitian dilakukan 2siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus dilakukan 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu yang digunakan 60 menit. Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas peneliti hasilnya sudah baik. Terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum tindakan dan setelah siklus yang memperlihatkan bahwa kemampuan belajar siswa dalam membaca Al-Qur’an siswa mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata yaitu: pada pra siklus mendapatkan 20 ( kurang), pada siklus I pertemuan pertamamen dapatkan hasil rata-rata 25 ( kurang), pada pertemuan kedua mendapat hasil rata-rata 32 (cukup), pada pertemuan ketiga mendapat hasil 38 (baik). Pad asiklus II pertemuan pertama mendapat hasil rata-rata 41 (baik), pada pertemuan kedua mendapat hasil rata-rata 42 (baik), dan pertemuan ketiga mendapatkan hasil 43 (baik). Hal ini dapat menunjukan bahwa layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kemampuan belajar membaca Al-Qur’an pada siswa kelas XI IPS 1 MAN 01 Pati tahun pelajaran 2012/2013. Jika dirata-rata maka hasil observasi indikator kemampuan belajar siswa dalam membaca Al-Qur’an pada siklus I 32 dalam kategori cukup dan pada siklus II 42 dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan peneliti memberikan saran kepada : 1. Kepada Kepala sekolah, Diharapkan kepala sekolah memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung agar program layanan bimbingan dan konseling dapat berjalan dengan baik. 2. Kepada Konselor, Diharapkan agar konselor sekolah memberikan layanan penguasaan konten berkaitan dengan cara meningkatkan kemampuan belajar membaca Al-Qur’an siswa secara baik dan pemberian layanan penguasaan konten sesuai dengan kebutuhan siswa agar dapat mengembangkan potensi belajarnya sehingga tercapai prestasi belajar yang maksimal. 3. Kepada Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist, Diharapkan agar guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadist dalam mengajar menggunakan metode yang lebih kreatif agar siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. 4. Kepada Siswa, Diharapkan siswa mampu meraih prestasi belajar yang tinggi dalam membaca Al-Qur’an dan dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 28 Feb 2014 03:20
Last Modified: 28 Feb 2014 03:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item View Item