UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWAKELAS X-ASMA MUHAMMADIYAH KUDUS

Prasetio, Wahyu Dwi (2013) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWAKELAS X-ASMA MUHAMMADIYAH KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (569kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (160kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (247kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (283kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (509kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (160kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (140kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (131kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB)

Abstrak

Prasetio, WahyuDwi. 2013. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas X A SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Bimbingan dan Konseling di Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Dosen Pembimbing II Dr. Sukiman, M.Pd. Kata-kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal; Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMA Muhammadiyah Kudus diperoleh hasil yang menunjukkan masih banyaknya siswa yang kurang dalam kecerdasan Interpersonal sehingga diperlukan upaya bantuan melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal pada kelas X A SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan kecerdasan interpersonal siswa sebelum dan sesudahmendapatkan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama, 2. Untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian ini adalah 1. Kegunaan Teoritis: Secara teoritis, Hasil dari layanan bimbingan kelompok ini diharapkan dapat mengembangkan teori bimbingan kelompok dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. Kegunaan Praktis: 1). Bagi Kepala Sekolah, Dapat menciptakan lingkungan sekolah yang dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa. 2). Bagi Konselor Sekolah, Memberikan alternatif dalam mengarahkan siswa tentang pentingnya pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan interpersonal siswa. 3). Bagi Siswa, Dapat dijadikan sebagai bahan masukan agar mampu memahami dan mengetahui serta dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. 4). Bagi Peneliti, Dapat menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman serta dapat diterapkan dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama dapat Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa Kelas X A SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X A, sebanyak 8 siswa yang mempunyai kecerdasan interpersonal rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabelpenelitian: BimbinganKelompok (Variabelbebas) danKecerdasan Interpersonal (Variabelterikat). Metodepengumpulan data metodepokokobservasi, metodependukungyaituwawancara.Penelitiandilakukan 2 siklus, setiapsiklus 3 pertemuanmembahas 3 materidenganalokasiwaktu 45 menit. Berdasarkanhasilobservasisebelumtindakanbimbingankelompokkecerdasan interpersonal siswarendahdanmasukdalamkategorikurangdenganskor rata-rata 19,9. Setelahdiberilayananbimbingankelompok teknik sosiodramapadasiklus I, Kecerdasan intrpersonalsiswameningkatmenjadikategoribaikdenganskor rata-rata 34terjadipeningkatansebesar14,1. Sedangkanpadasiklus II kecerdasan interpersonalsiswaterusmeningkatmenjadikategorisangat baikdenganperolehanskor rata-rata 42,7terjadipeningkatan8,7. Hal inimenunjukkanlayananbimbingankelompok teknik sosiodramadapatmeningkatkankecerdasan interpersonal padasiswakelasX A SMA Muhammadiyah Kudus TahunPelajaran 2012/2013. Hasilpenelitiantersebutdisimpulkanlayananbimbingankelompok teknik sosiodramadapatmeningkatkankecerdasan interpersonal padasiswakelasX A SMA Muhammadiyah Kudus. Melihat di lapangan di temukan dan dianalisis, penelitimemberikan saran kepada: 1. Kepalasekolahhendaknyamemberikankebijakankepada guru BK agar memberikanlayananbimbingankelompok. 2. Konselorhendaknyakonselordapatlebihbanyakmemprogramkanlayananbimbingankelompokuntukmemotivasisiswa agar memanfaatkanlayananbimbingankelompoksebagaitempatuntukmeningkatkankecerdasan interpersonalsiswadandapatmenggunakanlayananbimbingankelompokuntukmengatasimasalah yang lain. 3. Siswahendaknyalebihaktifdalammemanfaatkanfungsibimbingankenseling di sekolah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: bimbingsan dsn konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 01 Mar 2014 02:41
Last Modified: 01 Mar 2014 02:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2276

Actions (login required)

View Item View Item