UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN METODE PERMAINAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SDN PAKIS 01 PATI TAHUN 2012/2013

Sofiyaningsih, Siti (2013) UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN METODE PERMAINAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SDN PAKIS 01 PATI TAHUN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (429kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (116kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (247kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (149kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (683kB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (131kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (107kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (75kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB)

Abstrak

Sofiyaningsih, Siti. 2013.“Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Dengan Metode Permainan Melalui layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa SDN Pakis 01 Tahun 2012/2013”.Skripsi Bimbingan dan Konseling Dosen Pembimbing: 1. Drs. Sabar Rutoto, M.Pd. 2. Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Kata Kunci : Keterampilan membaca, Bimbingan Kelompok Latar belakang dalam permasalahan ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di SDN Pakis 01 Pati, yaitu keterampilan membaca siswa yang masih kurang. Keterampilan membaca siswa disebabkan oleh metode pengajaran yang diberikan oleh guru untuk dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa masih kuno, yaitu dengan pemberian metode ceramah. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk berupaya meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan menerapkan metode permainan melalui layanan bimbingan kelompok. Permasalahan yang diteliti: bagaimana dengan metode permainan melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas I SD Negeri Pakis 01 Pati tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan keterampilan membaca dengan metode permainan sebelum dan sesudah diberikan layanan kelompok pada siswa kelas I SDN Pakis 01 Pati tahun 2012/2013 dan menemukan seberapa besar peningkatan keterampilan membaca dengan metode permainan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa SDN Pakis 01 tahun 2012/2013. Adapun manfaat penelitian ini adalah: 1. Teoritis: hasil penelitian ini dapat menambah referensi yang sudah ada, sehingga dapat bermanfaat bagi semua pihak dan dapat memberikan nilai positif untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik. 2.Praktis, a. Hasil penelitian ini diharapkan untuk menyempurnakan proses belajar mengajar terutama di SDN Pakis 01 pati, b. Hasil penelitian ini dapat membuka cakrawala dunia anak dan dapat menambah pengetahuan dan wawasan sehingga guru termotivasi untuk menjadi guru yang inisiator, c. Sebagai bahan dasar siswa untuk dapat meningkatkan keterampilan membaca dengan menggunakan metode pembelajaran yang lain yaitu dengan menggunakan metode permainan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan metode permainan melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatan keterampilan membaca pada siswa kelas I SDN Pakis 01 Pati tahun pelajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Lokasi penelitian ini di SDN Pakis 01 Pati mulai awal bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2013. Subjek penelitian berjumlah 10 siswa, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan yang memiliki keterampilan membaca rendah yang diperoleh melalui wawancara dan observasi dengan wali kelas. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok dengan teknik Variabel bebas dan variabel terikat. Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan deskriptif kulitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan dengan alokasi waktu 90 menit. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat di simpulkan bahwa dengan metode permainan melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa, hal ini terbukti dari sebelum tindakan, ada 10 siswa termasuk dalam kategori kurang jadi semua siswa yang menjadi anggota kelompok masuk dalam kategori kurang. Setelah pelaksanaan siklus I dan hasil analisis, keterampilan membaca di siklus I mengalami peningkatan yaitu ada 8 siswa dalam kategori cukup dan 2 siswa dalam kategori baik, jadi tidak ada siswa yang tergolong dalam kategori kurang (keterampilan membaca pasca siklus I meningkat sebesar 26% dari pra siklus). Sedangkan hasil analisis keterampilan membaca pasca siklus II, keterampilan membaca siswa juga mengalami peningkatan yaitu ada 5 siswa yang tergolong dalam menjadi kategori baik dan 5 siswa lainnya juga meningkat menjadi kategori sangat baik (skala keterampilan membaca pasca siklus II sebesar 26,8%). Sehingga keseluruhan peningkatan dari 2 siklus yaitu dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan 52,8% dan siswa tergolong dalam kategori baik dan sangat baik. Saran yang diberikan, (1) Bagi sekolah hendaknya memberikan cara pembelajaran yang mudah di mengerti siswa, guna memajukan sekolah khususnya SDN Pakis 01 Pati (2) Bagi Guru hendaknya sebagai guru terutama guru kelas I jangan takut untuk memberikan metode pengajaran yang baru yang mudah dipahami oleh siswa, sehingga siswa pun akan senang mempelajarinya. (3) Bagi siswa, siswa harus lebih aktif dan berani bertanya kepada gurunya pada saat proses pembelajaran dilakukan berkaitan tentang keterampilan membaca agar tidak menemui kesulitan..  

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Drs.Sabar Rutoto,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 03:20
Last Modified: 27 Mar 2014 03:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2292

Actions (login required)

View Item View Item