Pengaruh Customer orientation terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah (sebuah tinjauan teoritis)

Kanzunnudin, Mohammad and Mulyani, Sri (2007) Pengaruh Customer orientation terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah (sebuah tinjauan teoritis). Gemawisata: jurnal ilmiah pariwisata, 6 (1). pp. 72-78. ISSN 1411 - 5077

[thumbnail of Artikel] PDF (Artikel)
Pengaruh_Customer_Orientation_---.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy

Abstrak

ABSTRACT: Customers are all of parties who take benefits of outputs from the individuals or a team in an organization. They are the parties whose needs must be fulfilled, and even that the customers' satisfaction is a standard of service for an organization. Customers are classified into two groups, namely, internal customer and external customer. Internal customers is the party inside the organization who uses the output produced from other departments in that organization. For example, in a company, to make a financial report an accounting department needs detail reports about production cost made by the production department, this Accounting Department becomes the customers from Production Department. Mean while external customer is outside party who becomes end user of the company in this case external customer is end user of the product. ABSTRAK: Customer adalah semua pihak yang memanfaatkan output dari individu atau tim dalam organisasi. Mereka adalah pihak yang harus dipenuhi kebutuhannya, bahkan kepuasan customer adalah standar layanan bagi organisasi. Costumer diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu internal customer dan external customer. Internal customer adalah pihak di dalam organisasi yang menggunakan output yang dihasilkan bagian lain dari organisasi. Misalnya di dalam perusahaan, untuk menyusun laporan keuangan maka bagian Akuntansi membutuhkan laporan terperinci mengenai biaya produksi yang dibuat oleh Departemen Produksi, maka Bagian Akuntansi menjadi customer dari Departemen produksi. Sedangkan external customer adalah pihak luar yang menjadi end customer dari perusahaan dalam hal ini external customer adalah end user dari produk.

Item Type: Article
Kata Kunci: Customer orientation, Performance, Internal Customer, External Customer, Customer Orientation, Kineria, Internal Customer, External Customer dan Internal Customer.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri
Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Industri kecil & menengah
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Pemasaran. Distribusi produk
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2012 05:24
Last Modified: 06 Dec 2012 03:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item