Peningkatkan Hasil Belajar MatematikaMelalui Model Student Teams Achievement Division Kelas IV Materi Jaring-jaring Balok dan Kubus SD N Tamansari 02. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus

Irawati, Purna (2013) Peningkatkan Hasil Belajar MatematikaMelalui Model Student Teams Achievement Division Kelas IV Materi Jaring-jaring Balok dan Kubus SD N Tamansari 02. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN SAMPUL]
Preview
PDF (HALAMAN SAMPUL)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (424kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (52kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Irawati, Purna. Peningkatkan Hasil Belajar MatematikaMelalui Model Student Teams Achievement Division Kelas IV Materi Jaring-jaring Balok dan Kubus SD N Tamansari 02. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing. (I): Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd, Pembimbing (II): Sumaji, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Hasil belajar matematika, model Student Teams Achievement Division, jaring-jaring balok dan kubus. Salah satu permasalahan yang di alami oleh siswa kelas IV SD Tamansari 02 dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya hasil belajar yang ditunjukkan adanya 52,35% siswa belum tuntas. Pembelajaran masih berpusat pada guru cenderung menegangkan dan tidak menarik. Dari permasalahan tersebut maka diadakan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Tamansari 02 Pati melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada mata pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui apakah model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV materi jaring-jaring balok dan kubus di SD N Tamansari 02 Pati. Model pembelajaran Student Teams Achievement Division merupakan model kelompok dengan langkah-langkah kegiatan mengajar (menyampaikan pelajaran), belajar tim (siswa bekerja pada lembar kegiatan), tes (siswa mengerjakan kuis soal individu), dan rekognisi tim (skor tim dihitung berdasarkan skor kemajuan). Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa dan guru kelas IV pada SD N Tamansar 02 Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati tahun 2012/ 2013 dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) tes, 2) observasi, 3) wawancara, dan 4) dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ada 2 yaitu: 1) analisis data kuantitaif dan, 2) analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran matematika melalui model Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar, ketrampilan guru, dan aktivitas siswa . Siklus I rata-rata hasil belajar 71,67 dengan ketuntasan klasikal 76,19% siklus II rata-rata 84,90 dengan ketuntasan klasikal 85,71%,ketrampilan guru siklus I rata-rata 72,5% dengan kualifikasi baik, siklus II 78% dengan kualifikasi baik. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa siklus I memperoleh 79,5% dengan kualifikasi baik, siklus II 90,95% dengan kualifikasi baik. Hasil secara keseluruhan ketrampilan guru dan aktivitas siswa sudah baik. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang dapat disampaikan adalah Pembelajaran dengan model STAD perlu dilaksanakan dalam pembelajaran matematika di kelas, karena model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Guru harus bisa memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran dengan melakukan bimbingan secara intensif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd, Sumaji, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Kata kunci : Hasil belajar matematika, model Student Teams Achievement Division, jaring-jaring balok dan kubus.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Mar 2014 03:40
Last Modified: 06 Mar 2014 03:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2353

Actions (login required)

View Item View Item