PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA FILM DOKUMENTER KEBUDAYAAN SISWA KELAS V SD 5 TEMULUS TAHUN AJARAN 2013/2014

Pratama, Sony Dhirta (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA FILM DOKUMENTER KEBUDAYAAN SISWA KELAS V SD 5 TEMULUS TAHUN AJARAN 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (861kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab  6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (80kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Pratama, Sony Dhirta. 2013. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Film Dokumenter Kebudayaan Siswa Kelas V SD 5 Temulus. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (I) Drs. Moh. Kanzunnudin, M. Pd, (II) Sumaji, S. Pd, M. Pd. Kata Kunci: keterampilan berbicara, media film dokumenter Keterampilan berbicara mencakup empat aspek, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Setiap keterampilan mempunyai hubungan yang erat dengan keterampilan-keterampilan lainnya. Keterampilan berbicara masih dianggap sebagai sesuatu pembelajaran yang mudah. Pembelajarannya tidak dilakukan dengan serius yang berakibat banyak siswa kurang mampu mengekspresikan diri lewat kegiatan berbicara. Keterampilan tersebut hanya dapat dikuasai dengan cara latihan dan praktik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan media film dokumenter pada siswa kelas V SD 5 Temulus tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitianini merupakan penelitian tindakankelas (PTK)yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan media film dokumenteryang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian yang dikenai tindakan ialahsiswa kelas V SD 5 Temulus yang berjumlah 17 siswa.Model penelitian menggunakan model yang terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisisdata dilakukan dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dengan penggunaan media film dokumentermenunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicarasiswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian diperoleh: 1) Aktivitas berbicara siswa pada sikuls I70%, diakhir tindakan siklus II menjadi sebesar 94%. 2) Hasil belajar siswa menjawab pertanyaan pada tindakan siklus I sebesar 70% pada akhir tindakan siklus II menjadi sebesar 94%. 3) Ktivitas guru pada tindakan siklus I sebesar 65%, diakhir tindakan siklus II menjadi sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan media film dokumenterdapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD 5 Temulus Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus tahun ajaran 2013/2014. Peneliti menyarankan bagi guru-guru untuk mencoba menggunakan media film dokumenter dalam pembelajaran bahasa Indonesia aspek berbicara untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing:Drs.Moh.Kanzunnudin,M.Pd
Kata Kunci: pendidikan dasar,PGSD
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Mar 2014 03:11
Last Modified: 27 Mar 2014 03:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2373

Actions (login required)

View Item View Item