PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MELAWAN PENJAJAH KELAS V SDN 6 TANJUNGREJO KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS

Juhairin, Ana (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MELAWAN PENJAJAH KELAS V SDN 6 TANJUNGREJO KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
COVEREEEEE_lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (87kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_PRINT.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Juhairin, Ana, NIM. 200933094. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah Kelas V SDN 6 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Program Studi Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Drs. Sabar Rutoto, M.Pd, (ii) Ika Oktavianti, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran role playing, meningkatkan hasil belajar, IPS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa masih pasif dalam kegiatan pembelajaran, siswa malas belajar, dan hasil belajar siswa masih rendah yaitu di bawah KKM < 70. Oleh karena itu, perlu Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan model pembelajaran role playing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana implementasi model pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah kelas V SDN 6 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus? 2. Bagaimana hasil evaluasi model pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah kelas V SDN 6 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus?.Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: Mengkaji implementasi model pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah kelas V SDN 6 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. 2. Menganalisis hasil evaluasi model pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah kelas V SDN 6 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Model pembelajaran merupakan landasan praktik pembelajaran hasil penurunan teori psikologi pendidikan dan teori belajar yang dirancang berdasarkan analisis terhadap implementasi kurikulum dan implikasinya pada tingkat operasional di kelas. Metode playing adalah suatu cara mengajar dengan jalan mendramatisasikan bentuk tingkah laku dalam hubungan sosial. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu social seperti: sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya. hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah melalui Model Pembelajaran Role Playing dengan dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 6 Tanjungrejo kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Adapun rancangan penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah mengguakan model Kemmis dan McTaggart. Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaaan, observasi, dan refleksi. Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD 6 Tanjungrejo dengan jumlah siswa 26 anak. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran role playing pada aktivitas guru dengan skor rata-rata yang dicapai setelah pengelolaan terhadap hasil observasi aktivitas peneliti pada siklus I adalah 3,58 dengan persentase 89,58% atau tingkat keberhasilan pembelajaran adalah berasil. Pelaksanaan pembelajaan yang dilakukan peneliti pada siklus II mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari skor rata-ratanya naik menjadi 3,75 dengan persentase 93,75 % atau tingkat keberhasilan pembelajaran adalah berhasil. Jadi aktivitas guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran role playing adalah berhasil. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SD 6 Tanjungrejo dapat meningkat dan berhasil dengan baik setelah digunakannya model pembelajaran role playing. Saran setelah dilakukan penelitian ini ialah sebelum menggunakan model pembelajaran role playing diharapkan peneliti lebih memahami arti model pembelajaran role playing agar tercipta hasil belajar yang baik

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing:Drs.Sabar Rutoto,M.Pd
Kata Kunci: pendidikan dasar,PGSD
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Mar 2014 03:10
Last Modified: 27 Mar 2014 03:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2385

Actions (login required)

View Item View Item