EFEKTIVITAS ROLE PLAYING DALAM MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PADA SISWA SMP

Lestari, Zuni (2014) EFEKTIVITAS ROLE PLAYING DALAM MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PADA SISWA SMP. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (331kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (159kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (164kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (168kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (198kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (103kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (86kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas role playing dalam mengurangi perilaku agresif pada siswa SMP. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP X dan SMP Y. SMP X dipilih sebagai kelompok eksperimen dan SMP Y dipilih sebagai kelompok kontrol. Jumlah subjek pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sama yaitu masing-masing 9 anak, 3 anak berjenis kelamin laki-laki dan 6 anak berjenis kelamin perempuan. Rencana penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Desain ini merupakan desain dua kelompok, dua kelompok yang diamati yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kemolpok kontrol. Pada desain ini pengukuran dilakukan dua kali yaitu sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan sesudah diberikan perlakuan (posttest). Berdasakan analisis dengan menggunakan teknik uji beda (t) yang diolah dengan menggunakan program Statistical Packeges for Social Science (SPSS) 15.0 for Windows diketahui hasil perbedaan posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh koefisien beda dengan t sebesar 0,154 dengan p 0,879 (p > 0,05) yang berarti tidak signifikan dengan demikian hipotesis yang menyatakan adanya perbedaan perilaku agresif antara siswa yang mendapatkan perlakuan berupa role playing dengan siswa yang tidak mendapatkan perlakuan berupa role playing dinyatakan ditolak. Dari hasil uji perbedaan pretest – posttest kelompok eksperimen diperoleh besarnya koefisien beda dengan t sebesar 1,157 dengan p sebesar 0,281 (p > 0,05) yang berarti tidak signifikan dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa adanya perbedaan perilaku agresif siswa sebelum dan setelah mendapatkan perlakuan berupa role playing dinyatakan ditolak. Kata kunci: perilaku agresif, role playing

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Trubus Rajarjo,S.Psi,M.Si
Uncontrolled Keywords: perilaku agresif, role playing
Subjects: FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 29 Mar 2014 02:13
Last Modified: 29 Mar 2014 02:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2607

Actions (login required)

View Item View Item