Peningkatan Prestasi Belajar IPS Menggunakan Model Quantum Teaching pada Siswa Kelas IV Semester 1 SDN Guwo 01 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014.

Pujiati, Sri (2014) Peningkatan Prestasi Belajar IPS Menggunakan Model Quantum Teaching pada Siswa Kelas IV Semester 1 SDN Guwo 01 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (456kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (107kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (215kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (191kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (411kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (393kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (31kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (71kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (18MB) | Request a copy

Abstrak

Pujiati, Sri. Peningkatan Prestasi Belajar IPS Menggunakan Model Quantum Teaching pada Siswa Kelas IV Semester 1 SDN Guwo 01 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing I Drs.Sucipto,M.Pd.Kons. dan Pembimbing II Ika Oktavianti,M.Pd. Kata kunci: Prestasi Belajar IPS, Model Pembelajaran Penelitian ini bermula dari permasalahan pembelajaran IPS di kelas IV SDN Guwo 01 Pati yang terlihat bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah atau di bawah KKM yaitu 65. Keaktifan siswa masih kurang terlihat dengan indikasi siswa cenderung individual, siswa yang pandai terlihat aktif, sedangkan siswa yang kurang pandai terlihat pasif. Berdasarkan permasalahan inilah, peneliti menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV semester 1 melalui model pembelajaran Quantum Teaching pada materi kenampakan alam dan sosial budaya di SDN Guwo 01 Pati. Dalam penelitian ini IPS merupakan mata pelajaran yang mempelajari tentang keadaan masyarakat yang cepat berkembang. Selain itu bahwa IPS sebagai program pendidikan yang tidak hanya menyajikan pengetahuan sosial, melainkan membina siswa menjadi warga negara yang memiliki tanggungjawab atas kesejahteraan bersama. Model pembelajaran Quantum Teaching digunakan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Guwo 01 Pati. Keunggulan dari model pembelajaran Quantum Teaching ini ialah memusatkan perhatian yang bermakna dan menyenangkan pada siswa, lingkungan yang nyaman dan kealamiahannya, penataan tempat duduk yang rileks, serta mampu menanamkan nilai dan keyakinan yang positif dalam diri siswa serta adanya pemberian hadiah atau reward sebagai motivasi pada siswa dalam semua aktivitas pembelajaran yang berlangsung. Hipotesis tindakan yang peneliti ajukan adalah adanya peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar IPS siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas IV SDN Guwo 01 Pati. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Guwo 01 Pati dengan subjek penelitian berjumlah 11 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus meliputi empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas belajar IPS siswa dari kriteria tinggi (68) pada siklus I, meningkat menjadi sangat tinggi (83) pada siklus II. Penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching juga menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan klasikal siswa pada siklus I sebesar 73% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dengan rata-rata nilai prestasi belajar IPS siswa sebesar 67 pada siklus I dan pada siklus II nilai rata-rata prestasi belajar IPS siswa meningkat menjadi 88. Adapun saran peneliti dalam penelitian tindakan kelas ini, yaitu: 1. Siswa menjadi semangat dalam pembelajaran dengan diterapkannya model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi. 2. Guru perlu meningkatkan sikap yang inovatif, agar pembelajaran lebih bermakna dan menyenangkan serta dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa. 3. Peneliti selanjutnya dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran kedepannya dengan lebih baik lagi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I Drs.Sucipto,M.Pd.Kons. dan Pembimbing II Ika Oktavianti,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Prestasi Belajar IPS, Model Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 29 Mar 2014 04:58
Last Modified: 29 Mar 2014 04:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2630

Actions (login required)

View Item View Item