KEBIASAAN PENGGUNAAN KALIMAT PERINTAH DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN: KAJIAN PRAGMATIK KESANTUNAN BERBAHASA DI SEKOLAH DASAR 5 GONDANGMANIS BAE KABUPATEN KUDUS

Kanzunnudin, Mohammad dan Fathurohman, Irfai dan Roysa, Mila (2014) KEBIASAAN PENGGUNAAN KALIMAT PERINTAH DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN: KAJIAN PRAGMATIK KESANTUNAN BERBAHASA DI SEKOLAH DASAR 5 GONDANGMANIS BAE KABUPATEN KUDUS. [Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat] (Submitted)

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Depan) - Accepted Version
Download (239kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Bab I) - Accepted Version
Download (81kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Bab II) - Accepted Version
Download (139kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Bab III) - Accepted Version
Download (30kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Bab IV) - Accepted Version
Download (178kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Bab V) - Accepted Version
Download (9kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (77kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang

Abstrak

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini ada dua. Pertama, mendeskripsikan bentuk penggunaan kalimat perintah yang dipergunakan oleh guru dalam pembelajaran di SD 5 Gondangmanis Bae Kabupaten Kudus. Kedua, memaparkan pengaruh penggunaan kalimat perintah yang dipergunakan oleh guru melalui kajian kesantunan pragmatik berbahasa di SD 5 Gondangmanis Bae Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Strategi yang digunakan yakni strategi studi terpancang. Objek penelitian adalah kesantunan berbahasa dalam kalimat perintah yang digunakan guru dalam aktivitas pembelajaran ditinjau dari kajian pragmatik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan teknik wawancara mendalam. Validitas data yang dipergunakan yakni trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan adanya kalimat perintah yang dipergunakan oleh guru untuk memulai, menunjukkan tugas, dan mengakhiri pembelajaran. Waktu penggunaan kalimat perintah dapat diawal, ditengah, dan diakhir pembelajaran ini menyesuaikan dengan materi pembelajaran yang diajarkan. Ada empat jenis kalimat perintah yang ditemukan selama penelitian berlangsung, yakni kalimat suruh yang sebenarnya 14 kalimat, kalimat suruh persilahan 13 kalimat, kalimat ajakan 13 kalimat, dan kalimat larangan 35 kalimat. Berdasarkan jenis kalimat perintah analisis penggunaan kalimat perintah menggunakan kesantunan berbahasa yang menggunakan maksim sopan santun seperti, maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan dan maksim simpati. Pengaruh yang dimunculkan dari penggunaan kalimat perintah terbagi menjadi 3 tahap yakni pada saat penggunaan pada pembelajaran sebagai eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

Tipe dokumen: Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan, Kalimat Perintah, Pragmatik, Kesantunan Berbahasa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 01 Apr 2014 02:59
Last Modified: 01 Apr 2014 02:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2633

Actions (login required)

View Item View Item