Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi KPK dan FPB Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Semester 1 SD N 01 Rendeng Kecamatan Kota Kabupaten Kudus

Nurmalita, - (2014) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi KPK dan FPB Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Semester 1 SD N 01 Rendeng Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (433kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (125kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (413kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (309kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (472kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (189kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (71kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (76kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Nurmalita. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi KPK dan FPB Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Semester 1 SD N 01 Rendeng Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Dr. Murtono, M.Pd., (ii) Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, KPK dan FPB, Realistic Mathematic Education. Hasil belajar matematika dalam proses pembelajaran merupakan salah satu hal yang penting untuk mewujudkan pembelajaran bermakna. Kenyataan di lapangan pembelajaran berpusat pada guru, sehingga berpengaruh pada hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV semester 1 melalui pendekatan RME pada materi KPK dan FPB di SD N 01 Rendeng tahun pelajaran 2013/2014. Hasil belajar matematika merupakan perubahan perilaku secara menyeluruh untuk berfikir melalui penalaran dan aktivitas siswa. Realistic Mathematic Education (RME) merupakan suatu pendekatan yang memandang matematika sebagai suatu kegiatan manusia dan didasari hal-hal yang nyata sehingga bisa dibayangkan oleh siswa. Hipotesis tindakan yang diajukan melalui pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV semester 1 pada materi KPK dan FPB di SD N 01 Rendeng Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas IV SD N 01 Rendeng dengan subjek penelitian 46 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada siklus 1 sebesar 58,7% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80,43%. Peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari kategori cukup baik (2,34) pada siklus 1, meningkat menjadi baik (2,7) pada siklus 2. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan, siklus I mendapatkan rata-rata 68,36 dengan kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 70,02 dengan kriteria baik. Peningkatan hasil angket keberhasilan pembelajaran matematika dari 2,46 pada siklus I meningkat menjadi 2,74 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan: terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV semester 1 melalui penerapan RME pada materi KPK dan FPB di SD N 01 Rendeng tahun pelajaran 2013/2014. Penulis menyarankan bagi para siswa hendaknya selalu menumbuhkan keaktifan dalam pelaksanaan proses belajar sehingga bermakna dan hasil belajar dapat meningkat secara signifikan, bagi para guru hendaknya menerapkan pendekatan RME dalam pembelajaran matematika sehingga meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan bagi sekolah hendaknya RME dapat digunakan alternatif pendekatan pembelajaran matematika.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: (i) Dr. Murtono, M.Pd., (ii) Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, KPK dan FPB, Realistic Mathematic Education.
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 07 Apr 2014 03:38
Last Modified: 07 Apr 2014 03:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2645

Actions (login required)

View Item View Item