Peningkatan Hasil Belajar Matematika Operasi Perkalian dan Pembagian melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV SD 3 Ngembalrejo

Zahro, Fatimatuz (2014) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Operasi Perkalian dan Pembagian melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV SD 3 Ngembalrejo. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (549kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (178kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (393kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (487kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (270kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (231kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (110kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Zahro’, Fatimatuz. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Operasi Perkalian dan Pembagian melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV SD 3 Ngembalrejo. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., (ii) Eka Zuliana, S.Pd, M.Pd. Kata-kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Operasi Perkalian dan Pembagian, Problem Based Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar matematika siswa yang rendah. Proses pembelajaran yang dilakukan guru masih bersifat konvensional, guru lebih sering menggunakan metode ceramah sehingga siswa hanya mendengar penjelasan dari guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Salah satu tujuan mata pelajaran matematika adalah agar siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah. Mengingat pentingnya mata pelajaran matematika berkaitan dengan tujuan pembelajaran matematika yang termuat dalam standar isi, maka diperlukan adanya suatu model pembelajaran model pembelajaran yang menggunakan masalah dalam proses pembelajarannya dan mengembangkan kemampuan memecahkan masalah dan dapat meningkatkan hasil belajar. Problem Based Learning adalah salah satu model pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan siswa memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika operasi perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV SD 3 Ngembalrejo dengan digunakannya model Problem Based Learning. Hasil belajar matematika merupakan perubahan perilaku atau kemampuan yang diperoleh dari pengalaman belajar matematika atau latihan maupun interaksi individu dengan lingkungannya yang merupakan kecakapan matematika siswa yang diukur dengan menggunakan tes. Problem Based Learning adalah suatu model pembelajaran yang dirancang dan dikembangkan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik memecahkan masalah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Ngembalrejo dengan subjek penelitian ini adalah 10 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar klasikal dan ketuntasan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi perkalian dan pembagian yang cukup signifikan antara sebelum diadakan penelitian 60,3 (40%), siklus I 69,8 (60%), dan siklus II 77,9 (80%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dari rata-rata siklus I 2,52 menjadi 2,97 di siklus II. Pengelolaan pembelajaran Problem Based Learning juga mengalami peningkatan rata-rata siklus I 2,59 menjadi 3,21 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV SD 3 Ngembalrejo. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan: Dalam menyampaikan contoh permasalahan nyata sebaiknya guru memperhatikan siswa agar dapat memposisikan dirinya pada permasalahan. Guru sebagai fasilitator hendaknya membimbing siswa memahami masalah. Guru hendaknya membangkitkan minat belajar siswa, memotivasi siswa dengan bertanya jawab dan menekankan kepada seluruh siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Siswa hendaknya aktif pada proses pembelajaran dan memperhatikan apa yang disampaikan guru, dapat memposisikan saat bergurau dan saat serius dalam kegiatan belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: (i) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., (ii) Eka Zuliana, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Operasi Perkalian dan Pembagian, Problem Based Learning.
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 07 Apr 2014 03:47
Last Modified: 07 Apr 2014 03:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2646

Actions (login required)

View Item View Item