Bringing movies into the Listening Classroom to Introduce authentic Material to the EFL Students

Sulistyowati, Titis (2011) Bringing movies into the Listening Classroom to Introduce authentic Material to the EFL Students. Majalah Ilmiah Mawas, 22 (1). ISSN 0853 - 0335

[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
BRINGING_MOVIES_INTO_THE_LISTENING.pdf - Published Version

Download (198kB)
Official URL: http://jurnal.umk.ac.id/?page_id=1699

Abstrak

Film menawarkan banyak kelebihan guna meningkatkan kemampuan listening pada kelas EFL (bahasa Inggris sebagai bahasa asing). Bahasanya dibuat sealami mungkin seperti penutur asli sehingga dapat dianggap sebagai materi bahasa yang authentic (asli). Beberapa materi pengajaran diberikan dalam kecepatan lambat dan sejelas mungkin guna kepentingan pendidikan, tetapi siswa juga diharapkan untuk dapat menyesuaikan diri dengan bahasa yang diucapkan secara alami. Karena mereka tidak tinggal di lingkungan dimana bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa kedua, film dapat memberikan tambahan masukan untuk siswa yang seharusnya mereka dapatkan juga dari lingkungan diluar kelas mereka. Terlebih lagi film tersajikan dalam video, sehingga memungkinkan mereka menyaksikan intonasi berpadu dengan expresi wajah dan bahasa isyarat bersamaan dengan ucapan tertentu. Tindakan sosial dan situasi tertentu yang tak terucapkan lebih mudah dilihat dalam film daripada penjelasan dalam buku. Walaupun demikian para guru perlu memperhitungkan bahwa siswa sering menonton film dirumah dengan penuh rasa santai. Guru harus memberikan pertunjukan yang baik dan disertai soal latihan mendengarkan sehingga mereka akan memberikan perhatian yang penuh tentang apa yang mereka dengar dan perhatikan. Selanjutnya guru harus menyajikan film dalam waktu yang singkat. Hal ini disebabkan karena daya ingatan manusia dalam menyimpan informasi terbatas, jadi sangatlah penting memberikan latihan soal mendengarkan untuk para siswa dengan batasan waktu untuk menghindari kehilangan informasi. Tidak semua gambar dalam film sesuai untuk digunakan latihan mendengarkan, sehingga perlu adanya pemilihan dan penyesuaian sebelum diberikan kepada siswa yang diharapkan akan membantu guru dalam memberikan materi mendengarkan yang baik untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan para siswa.

Item Type: Article
Subjects: Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik. > Bahasa. Teori linguistik. Tata Bahasa. > Pembelajaran bahasa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2012 04:59
Last Modified: 16 May 2012 04:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item