Sulistyowati, Titis (2008) Teaching Listening with Right and Left Brain Thinking. Majalah Ilmiah Mawas, 19 (1). pp. 179-184. ISSN 0853 - 0335
Preview |
PDF (Artikel)
Titis_-_TEACHING_LISTENING_WITH_RIGHT_AND_LEFT_BRAIN_THINKING.pdf - Published Version Download (90kB) |
Abstrak
Otak manusia terbagi dalam dua bagian, hemisphere kanan dan hemisphere kiri yang biasanya disebut otak kanan dan otak kiri. Kedua bagian otak tersebut bertanggung jawab atas pola–pola fikir yang berbeda, tetapi pada dasarnya mereka mendukung satu sama lain. Kebanyakan individu-individu mempunyai kecenderungan tertentu, pada salah satu model berfikir. Otak kiri berperan dalam, logika, analisa, bahasa, dan matematika, sebaliknya otak kanan berhubungan dengan rithme, kreativitas, warna, imajinasi, dan dimensi. Untuk itu sangatlah penting bagi sekolah-sekolah lebih berorientasi pada keseluruhan bagian otak dalam proses belajar-mengajar mereka, sekolah-sekolah harus memberikan rangsangan yang sama pada seni, kreativitas, dan kemampuan mengembangkan imajinasi, agar otak kanan dan otak kiri para murit berfungsi dengan optimal. Jadi sangatlah penting bagi para guru menemukan model pembelajaran baru yang lebih menekankan pada pemberian stimuli pada kedua belah otak muritnya, agar hasil belajar yang optimal dapat tercapai. Dalam artikel ini diberikan sedikit gambaran bagaimana menerapkan pola fakir otak kanan-otak kiri yang seimbang dalam pengajaran ‘listening’.
Item Type: | Article |
---|---|
Kata Kunci: | hemisphere, right brain, left brain, teaching listening |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik. > Bahasa. Teori linguistik. Tata Bahasa. > Pembelajaran bahasa |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 16 May 2012 05:18 |
Last Modified: | 03 Sep 2012 04:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/266 |
Actions (login required)
View Item |