Upaya Meningkatkan Disiplin Memakai Atribut Seragam Sekolah Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”.

Yatiningsih, Sri (2014) Upaya Meningkatkan Disiplin Memakai Atribut Seragam Sekolah Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (923kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (248kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (382kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (527kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (657kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (263kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (257kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (248kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Yatiningsih, Sri, 2013 “Upaya Meningkatkan Disiplin Memakai Atribut Seragam Sekolah Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Drs. Masturi, MM., Dosen Pembimbing II Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons Kata Kunci : Disiplin Seragam Sekolah; Penguasaan Konten; Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas XI IPS 3 mempunyai disiplin memakai atribut seragam sekolah yang rendah seperti, tidak memakai topi, dasi, badge OSIS, badge kelas, identitas sekolah, badge nama, ikat pinggang, kaos kaki identitas, sepatu hitam, tali sepatu sesuai warna. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah layanan penguasaan konten dapat meningkatkan disiplin memakai atribut seragam sekolah pada siswa kelas XI IPS 3 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah: untuk didiskripsikan disiplin memakai atribut seragam sekolah siswa sebelum diberi layanan penguasaan konten kelas XI IPS 3 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013, diperolehnya peningkatan kedisiplinan memakai atribut seragam sekolah sesudah mendapatkan layanan penguasan konten pada siswa kelas XI IPS 3 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritik: kaitannya dengan proses bimbingan dan konseling di sekolah. 2. Kegunaan Praktis: 1) Bagi kepala sekolah, sebagai bahan masukan berupa informasi ilmiah tentang pentingnya pelaksanaan layanan penguasaan konten. 2. Bagi Guru Pembimbing, dapat digunakan oleh guru pembimbing untuk dijadikan bahan acuan atau informasi ilmiah. 3. Bagi Siswa, sebagai motivasi siswa dalam meningkatkan kedisiplinan memakai atribut seragam sekolah. 4. Bagi Peneliti, Sebagai tambahan acuan dalam upaya memperoleh pelayanan penguasan konten yang lebih baik. Dalam penelitian yang dilakukan membahas tentang teori-teori disiplin memakai atribut seragam sekolah dan layanan penguasaan konten. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Melalui layanan penguasaan konten dapat meningkatkan disiplin memakai atribut seragam sekolah pada siswa kelas XI IPS 3 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Metode pengumpulan menggunakan metode observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3, sebanyak 26 siswa yang disiplin memakai atributnya rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: layanan penguasaan konten (variabel bebas) dan disiplin memakai atribut seragam sekolah (variabel terikat). Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan layanan penguasaan konten dengan disiplin memakai atribut seragam sekolah siswa rendah dan masuk dalam kategori kurang dengan hasil rata-rata 23,8%. Setelah diberi layanan penguasaan konten pada sikus I meningkat menjadi 55,0% dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II disiplin memakai atribut seragam sekolah siswa memperoleh peningkatan menjadi 83,3% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan disiplin memakai atribut seragam sekolah pada kelas XI IPS 3 SMA 1 Mejobo Kudus. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan disiplin memakai atribut seragam sekolah siswa kelas XI IPS 3 SMA 1 Mejobo Kudus. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepada kepala sekolah Kepala sekolah hendaknya menambah sarana dan prasarana kepada guru pembimbing sehingga dapat menunjang dalam meningkatkan layanan bimbingan dan konseling. 2. Kepada konselor, Guru BK hendaknya menerapkan sentuhan high-touch dan high-tech, karena sangat baik dalam proses kegiatan layanan berlangsung. 3. Kepada siswa, Siswa harus menyadari akan pentingnya disiplinan dalam menaati peraturan. Dengan menanamkan rasa tanggung jwab dan percaya diri. 4. Kepada wali kelas, hendaknya lebih mengkondisikan peserta didiknya agar lebih disiplin. 5. Kepada peneliti selanjutnya, apabila melakukan penelitian sejenis lebih menekankan variabelnya yaitu layanan penguasaan konten

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Drs. Masturi, MM., Dosen Pembimbing II Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Disiplin Seragam Sekolah; Penguasaan Konten;
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 11 Apr 2014 03:17
Last Modified: 11 Apr 2014 03:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2700

Actions (login required)

View Item View Item