Peningkatan Konsep Diri Positif Menggunakan Mind Map Melalui Layanan Penguasaan Konten Di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Kelas XI IPA 2

Lutfiana, Dewi (2013) Peningkatan Konsep Diri Positif Menggunakan Mind Map Melalui Layanan Penguasaan Konten Di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Kelas XI IPA 2. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (677kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (390kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (821kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (510kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (236kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (172kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (172kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (172kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Lutfiana, Dewi. 2013. “Peningkatan Konsep Diri Positif Menggunakan Mind Map Melalui Layanan Penguasaan Konten Di SMA NU Al Ma’ruf Kudus Kelas XI IPA 2”. Skripsi program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Dosen Pembimbing II Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons Kata Kunci: Konsep Diri Positif; Mind Map (Peta Pikiran); Layanan Penguasaan Konten Penelitian ini berdasarkan atas fenomena yang terjadi di lapangan yang menunjukkan rendahnya konsep diri siswa kelas XI IPA 2 SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Rendahnya konsep diri siswa dapat dilihat dari gejala yang nampak seperti merasa tidak yakin dengan kemampuan yang dimilikinya, tidak ada yang menyukainya, mempunyai sikap yang pesimis, rendah diri, tidak percaya diri, siswa yang demikian dapat diasumsikan mempunyai konsep diri yang negatif dan apabila tidak segera diatasi akan membentuk kebiasaan pada konsep dirinya. Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimanakah layanan penguasaan konten dengan menggunakan mind map dapat meningkatkan konsep diri positif siswa kelas XI IPA 2 SMA NU Al Ma’ruf Kudus tahun 2012/2013?. Tujuan penelitian yaitu: (1). Mendeskripsikan konsep diri siswa kelas XI IPA 2 sebelum dan sesudah mendapat layanan penguasaaan konten dengan penerapan mind map (2). Mengetahui peningkatan konsep diri positif sesudah mendapat layanan penguasaan konten dengan penerapan mind map (peta pikiran) pada siswa kelas XI IPA 2. Kegunaan Penelitian: (1). Kegunaan Teoritis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap teori layanan penguasaan konten dalam meningkatkan konsep diri positif siswa menggunakan penerapan mind map. (2) Kegunaan Praktis, yaitu bagi kepala sekolah, konselor, siswa. Kajian Pustakanya adalah konsep diri positif, mind map (peta pikiran), dan layanan penguasaan konten. Hipotesis Penelitian adalah: layanan penguasaan konten dengan menggunakan mind map dapat meningkatkan konsep diri siswa kelas XI IPA 2 SMA NU Al Ma’ruf Kudus tahun 2012/2013. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA NU Al Ma’ruf Kudus, sebanyak 10 siswa. Variabel penelitian: Layanan Penguasaan Konten menggunakan penerapan Mind Map (Variabel terikat) dan Konsep Diri Positif (Variabel bebas). Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi dan wawancara, metode pendukung yaitu dokumentasi. Analisis data menggunakan data kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan. Data diperoleh dari observasi dilakukan secara langsung bersama konselor sekolah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan diperoleh data prasiklus sebelum layanan penguasaan konten menggunakan penerapan mind map untuk konsep diri positif rendah yaitu terdapat 10 (100%) siswa dengan kategori kurang, 3 (17,6%) dan nilai rata-rata sebesar13,5. Setelah penerapan peta pikiran (mind map) pada siklus I diperoleh hasil 1 (10%) siswa dengan kategori kurang, 7 (70%) siswa dengan kategori sedang, 2 (20%) siswa dengan kategori baik dan rata-rata nilai sebesar 21. Kemudian pada siklus II meningkat lagi, diperoleh hasil 5 (50%) siswa dengan kategori baik, 5 (50%) siswa dengan kategori baik sekali dan nilai rata-rata sebesar 32,3. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan penerapan mind map dapat meningkatakan konsep diri positif siswa. Hal ini terbukti sebelum layanan penguasaan konten dengan penerapan mind map konsep diri positif siswa memperoleh kategori kurang. Setelah layanan penguasaan konten dengan penerapan mind map pada siklus I konsep diri positif siswa memperoleh kategori sedang dan pada siklus II konsep diri positif siswa memperoleh kategori baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah Memberikan pembinaan kepada masing-masing guru tentang metode yang tepat yang harus digunakan dalam pengajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. 2. Para guru BK perlu mengembangkan layanan-layanan dalam bimbingan konseling dalam membantu para siswa untuk lebih meningkatkan prestasi, membantu siswa mengembangkan kepribadian dan potensi yang dimiliki serta untuk meningkatkan kepribadian siswa menjadi lebih baik. 3. Siswa harus bisa menumbuhkan konsep diri positif agar selalu optimis dalam meraih cita-cita yang tinggi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Dosen Pembimbing II Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konsep Diri Positif; Mind Map (Peta Pikiran); Layanan Penguasaan Konten
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 11 Apr 2014 03:31
Last Modified: 11 Apr 2014 03:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2704

Actions (login required)

View Item View Item