Penerapan Model Problem SolvingBerbantuan Media GambaruntukMeningkatkanHasilBelajar IPS Kelas V Semester I di SD 2 TanjungkarangTahun 2013/2014.

Sarie, FitriaNovita (2014) Penerapan Model Problem SolvingBerbantuan Media GambaruntukMeningkatkanHasilBelajar IPS Kelas V Semester I di SD 2 TanjungkarangTahun 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (730kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (251kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (359kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (658kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (277kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (298kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Sarie, FitriaNovita. 2014.Penerapan Model Problem SolvingBerbantuan Media GambaruntukMeningkatkanHasilBelajar IPS Kelas V Semester I di SD 2 TanjungkarangTahun 2013/2014. Skripsi.Pendidikan Guru SekolahDasarFakultasKeguruandanIlmuPendidikanUniversitas Muria Kudus. Pembimbing (i)Dr. Sukiman,M.Pd.,Pembimbing (ii)IkaOktavianti, S.Pd,M.Pd. Kata kunci: Problem Solving,HasilBelajar, IPS. LatarbelakangmasalahdalampenelitianiniialahrendahnyahasilbelajarIPS siswa yang disebabkankarenakurangnyainovasipembelajarandari guru.Hasilpretesmenunjukkanhanya 50% siswa yang tuntas, dengannilai rata-rata kelas73,5.Pembelajaran IPSdianggaptuntasapabila75% siswamencapai KKM yaitu ≥ 70.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahapakah model Problem SolvingBerbantuan Media Gambardapatmeningkatkanhasilbelajar IPS siswakelas V Semester I di SD 2 TanjungkarangTahun 2013/2014? TujuanpenelitianiniuntukmeningkatkanhasilbelajarIPS siswakelas V semester I denganditerapkannya model Problem Solvingberbantuan media gambar di SD 2 Tanjungkarangtahun 2013/2014. Solusipermasalahandaripenelitiadalahdenganpenerapan Model Problem Solvingberbantuan media gambar.Model Problem Solvingadalah model pembelajaran yang melibatkansiswasecaraaktif, melatihsiswaberfikirkritis, danmampumenyelesaikanmasalahsecarailmiah. Langkah-langkahnyameliputi:identifikasimasalah, penyajianmasalah, perencanaanpemecahanmasalah, implementasiperencanaan, menilaiperencanaan, danmenilaihasilpemecahanmasalah. JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) menggunakandesainHopkins.Penelitiandilaksanakanduasiklus, tiapsiklusmelalui 4 tahapanyaituperencanaan, pelaksanaan, observasidanrefleksi.Subjekpenelitianadalahpenelitisebagai guru dansiswakelas V. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, tesdandokumentasi. Berdasarkanhasilpenelitianpenerapanmodel Problem Solving berbantuan media gambar telah mampu menyelesaikan masalah. Hal ini terbukti dari peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Siklus I rerata persentase keterampilan guru 80% dengan kategori baik, meningkat 7% pada siklus II sebanyak 87% dengan kategori sangat baik. Persentaseaktivitassiswasiklus I sebanyak78% dalamkategoribaikmeningkat 13%padasiklus II sebanyak91% dalamkategorisangatbaik. Hasilbelajarsiswasiklus I mencapai 75% (9 dari 12 siswamencapai KKM) dalamkategoribaik, meningkat 16,7% menjadi 91,7% (11 dari 12 siswamencapai KKM) dalamkategorisangatbaik. Simpulandalampenelitianiniyaitupembelajaran IPSmelalui model Problem Solving berbantuan media gambardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Saran dalam penelitian ini, guru dapatmenerapkanmodel Problem Solvingdalamkegiatanpembelajaran di kelas agarpelaksanaanpembelajaranlebihbermakna, aktivitassiswameningkat, sehinggadapatmeningkatkanhasilbelajar IPS.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing (i)Dr. Sukiman,M.Pd.,Pembimbing (ii)IkaOktavianti, S.Pd,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Problem Solving,HasilBelajar, IPS.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 12 Apr 2014 03:04
Last Modified: 12 Apr 2014 03:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2714

Actions (login required)

View Item View Item