Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Ilmiyah, Rosikhatul (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (333kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (662kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (942kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Ilmiyah, Rosikhatul. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., (ii) Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd. Kata-kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Teams Games Tournament (TGT). Pelajaran IPS masih di fokuskan pada penguasaan pengetahuan (knowledge). Guru masih menggunakan pembelajaran konvensional yang terfokus pada penguasaan materi, siswa tidak tertarik dengan IPS dan menganggap IPS sebagai mata pelajaran yang membosankan. Permasalahan tersebut terjadi SDN 1 Kedungsarimulyo sehingga berpengaruh pada rendahnya hasil belajar IPS siswa. Data awal hasil belajar siswa sebanyak 47,3 belum tuntas dan 52,7% sudah tuntas dengan kritertia ketuntasan minimal ialah 63. Berdasarkan masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Kedungsarimulyo tahun pelajaran 2013/2014?”. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Kedungsarimulyo tahun pelajaran 2013/2014 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) adalah salah satu tipe dalam pembelajaran kooperatif yang melibatkan aktivitas seluruh siswa melalui permainan berbentuk turnamen akademik dimana siswa berlomba sebagai wakil dari tim mereka dengan anggota tim lain. Langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament TGT (1) penyampaian materi, (2) diskusi kelompokk, (3) turnamen, dan (4) rekognisi tim. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 1 Kedungsarimulyo yang dilaksanakan pada bulan November 2013 sampai Maret 2014. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament TGT pada pembelajaran IPS kelas IV menunjukkan peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa, dan pengelolaan pembelajaran guru setiap siklusnya. Ketuntasan klasikal siswa pra siklus sebesar 52,7% dengan rata-rata 61,4, meningkat pada siklus I menjadi 69,4% dengan rata-rata 71,48, dan pada siklus II meningkat menjadi 75% dengan rata-rata 73,9. Aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 2,46 dengan kriteria cukup baik, meningkat pada siklus II menjadi 2,87 dengan kriteria baik. Pengelolaan pembelajaran guru siklus I memperoleh skor rata-rata 2,36 dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 3,08 dengan kriteria sangat baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: (i) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., (ii) Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Teams Games Tournament (TGT).
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 12 Apr 2014 03:16
Last Modified: 12 Apr 2014 03:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2717

Actions (login required)

View Item View Item