HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN PARTISIPASI DALAM ORGANISASI DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMKN 3 JEPARA

Rohmah, Hamidatur (2014) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN PARTISIPASI DALAM ORGANISASI DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMKN 3 JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Sampul) - Accepted Version
Download (528kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (134kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (203kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (123kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (241kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (65kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (114kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara kecerdasan emosi dan partisipasi dalam organisasi dengan perilaku asertif pada siswa SMKN 3 Jepara Kelas XI. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 3 Jepara melibatkan 95 siswa kelas XI. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling dan alat yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala kecerdasan emosi, skala partisipasi dalam organisasi, dan skala perilaku asertif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis mayor yang diajukan diterima dimana kecerdasan emosi (X1) dan partisipasi dalam organisasi (X2) mempunyai hubungan yang sangat signifikan dengan perilaku asertif (Y) terbukti dengan hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel rx1,2y sebesar 0,870 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01) dengan sumbangan efektif sebesar 75,7 %. Hasil analisis variabel kecerdasan emosi (x1) dengan perilaku asertif (y) diperoleh rx1y sebesar 0,802 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01). Besar sumbangan efektif variabel kecerdasan emosi terhadap perilaku asertif sebesar 64,3 %. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel kecerdasan emosi dengan perilaku asertif pada siswa SMKN 3 Jepara, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Hasil analisis variabel partisipasi dalam organisasi (x2) dengan perilaku asertif (y) diperoleh rx2y sebesar 0,807 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01). Besar sumbangan efektif variabel partisipasi dalam organisasi terhadap perilaku asertif sebesar 65,1 %. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel partisipasi dalam organisasi dengan perilaku asertif pada siswa SMKN 3 Jepara, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing:Trubus Raharjo,S.Psi,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosi, Partisipasi dalam Organisasi dan Perilaku Asertif
Subjects: FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 15 Apr 2014 02:33
Last Modified: 15 Apr 2014 02:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2760

Actions (login required)

View Item View Item