Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Mata Pelajaran IPA Pada Kelas IV Sd 6 Tanjungrejo.

Wisnu, Wijaya (2014) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Mata Pelajaran IPA Pada Kelas IV Sd 6 Tanjungrejo. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (459kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (229kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (308kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (448kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (387kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (209kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (168kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Wisnu, Wijaya. 2014. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Mata Pelajaran IPA Pada Kelas IV Sd 6 Tanjungrejo. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (1) Drs. Masturi, MM., (2) Khamdun., M.Pd. Kata kunci: Prestasi Belajar Siswa, IPA, Model Contextual Teaching and Learning IPA merupakan konsep pembelajaran alam yang mempunyai hubungan luas dan terkait dengan kehidupan manusia diantarnya pemanfaatan alam dalam kehidupan sehari - hari. Pembelajaran IPA sangat berperan dalam proses pendidikan dan juga perkembangan teknologi. pembelajaran IPA diharapkan bisa menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta pengembangan lebih lanjut dalam penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dalam pembelajaran IPA tersebut siswa akan lebih baik mengalami sendiri materi itu karena akan membuat materi tertanam langsung kepada siswa.Diharapkan dalam proses pembelajaran siswa mau dan mampu mengemukakan pendapat sesuai dengan apa yang telah dipahami, berinteraksi secara positif antara siswa dengan siswa maupun antara siswa dan guru apabila ada kesulitan. Sehingga prestasi belajar siswa juga akan baik. Namun kenyataannya di SD 6 Tanjungrejo aktivitas pembelajaran yang ditunjukkan siswa masih rendah. Misalnya saja dalam proses pembelajaran, siswa hanya mendengarkan materi dari guru kemudian mencatatnya. Selain itu siswa cenderung pasif, hanya menerima apa yang di sampaikan guru tanpa bisa mengeluarkan pendapat,bertanya, serta menjawab pertanyaan. Jika guru mengajukan pertanyaan, siswa tidak berani menjawab. Aktivitas seperti itu dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar IPA melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning materi wujud dan sifat benda pada siswa kelas IV SD 6 Tanjungrejo. Penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran CTL dibagi menjadi dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan yang dibagi menjadi 4 tahap yakni perencanaa, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknk analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar IPA secara signifikan. Sebelum melakukan penelitian mendapat nilai rata-rata 60,43 dengan persentase ketuntasan 39,13 %. Pada siklus pertama, skor rata-rata siswa 67,39 dengan persentase ketuntasan 9,56% dan siklus kedua skor rata-rata 75,86 dengan persentase ketuntasan 100%. Aktivitas belajar siswa di siklus pertama 2,34 dengan kriteria “cukup baik” meningkat di siklus kedua menjadi 3,03 dengan kriteria “baik”. Pengelolaan pembelajaran guru juga menngkat. Di siklus pertama 2,48 dengan kriteria “cukup baik” menjadi 3,30 pada siklus kedua dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar IPA melaui model Contextual Teaching and Learnin materi wujud dan sifat benda pada siswa kelas IVSD 6 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus tahun ajaran 2013/2014.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: (1) Drs. Masturi, MM., (2) Khamdun., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Prestasi Belajar Siswa, IPA, Model Contextual Teaching and Learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 15 Apr 2014 04:24
Last Modified: 15 Apr 2014 04:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2772

Actions (login required)

View Item View Item