Penerapan Model Numbered Heads Together untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Gembong 3 Tahun Ajaran 2013/2014.

Hidayati, Siti Nur (2014) Penerapan Model Numbered Heads Together untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Gembong 3 Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (876kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (232kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (266kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (575kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (165kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (170kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

. 2014. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pelaksanaan penelitian bermula dari hasil observasi pembelajaran matematika pada kondisi awal yakni guru masih menggunakan metode ceramah sehingga menyebabkan siswa ramai sendiri di dalam kelas. Selain itu guru juga menggunakan cara tradisioanal dalam pembentukan kelompok. Permasalahan tersebut terjadi di SDN Gembong 3 sehingga berpengaruh pada rendahnya hasil belajar matematika siswa. Data awal dari hasil ulangan tengah semester, menunjukkan bahwa hasil rata-rata kelas hanya 48,25 dengan kriteria ketuntasan minimal yaitu 66. Dari rendahnya nilai ulangan tengah semester tersebut perlu dikembangkan sebuah model pembelajaran yang tidak hanya meningkatkan hasil namun juga keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Gembong 3 Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Gembong 3 tahun ajaran 2013/2014 yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2013 sampai Februari 2014. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi. Teknis analisis data yang digunakan yakni teknis analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kondisi awal siswa sebelum dilakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 18,75% dengan rata-rata 48,25. Hasil belajar meningkat pada siklus I ke siklus II yaitu dari 71,18 menjadi 78,35 dan ketuntasan belajar siswa 76,47% menjadi 88,23%. Hasil pengamatan aktivitas siswa meningkat pada siklus I ke siklus II yaitu dari skor rata-rata 69,8% menjadi 80,07% dengan kriteria cukup menjadi baik. Selain itu, pengamatan aktivitas mengajar guru meningkat pada siklus I ke siklus II yaitu dari skor rata-rata 76,6% menjadi 92,2% dengan kriteria baik menjadi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa model NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Gembong 3 tahun ajaran 2013/2014. Peneliti menyarankan agar dalam penelitian ini hendaknya model NHT diperkenalkan dan dikembangkan dengan bantuan media dan alat peraga agar tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan namun tetap fokus.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: (I) Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd, (II) Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: TIDAK DITENTUKAN
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 15 Apr 2014 04:35
Last Modified: 15 Apr 2014 04:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2773

Actions (login required)

View Item View Item