PeningkatkanHasilBelajar IPA MateriSifat-sifatCahayaMelalui Model PembelajaranMind Mapping padaSiswaKelas V Semester II SD 4 PasuruhanLor

Saputra, FahmiAmrullahDwi (2014) PeningkatkanHasilBelajar IPA MateriSifat-sifatCahayaMelalui Model PembelajaranMind Mapping padaSiswaKelas V Semester II SD 4 PasuruhanLor. Update Test thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN SAMPUL]
Preview
PDF (HALAMAN SAMPUL)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (826kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (251kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Hasil belajar yang rendah merupakan salah satu masalah yang di alami siswa kelas V SD 4PasuruhanLor Kudus. Hal iniditandaidenganpembelajaran yang masihbersifatkonvensional, akhirnyabanyaksiswa yang kurangtertarikdanhasilbelajar IPA rendah.Berangkatdari permasalahan tersebut maka perlu diadakan perbaikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping, diharapkandengan model mind mappingdapatmembantumeningkatkanhasilbelajar IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifatcahaya pada siswa kelas V SD 4PasuruhanLorKecamatanjati Kudus? (2) Seberapabesar peningkatan hasil belajar IPA materi sifat-sifatcahaya melalui model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas V SD 4PasuruhanLorKecamatanJati Kudus?. Tujuan penelitian ini ialah (1) mendeskripsikanpenerapan model pembelajaranmind mappingdalampembelajaran IPA materisifat-sifatcahayapada keas V SD 4 PasuruhanLor (2) menemukanpeningkatanhasilbelajar IPA materisifat-sifatcahayapadakelas V SD 4 PasuruhanLor. Hasil belajar IPA merupakan perubahan yang mengakibatkan manusia berubah sikap dan tingkah lakunya dalam mata pelajaran IPA. Mind Mapping adalah model pembelajaran cara kreatif bagi siswa untuk menghasilkan gagasan, mencatat apa yang dipelajari atau merencanakan tugas baru. Bertolak dari latar belakang identifikasi masalah, maka dapat diputuskan hipotesis tindakan sebagai berikut, penerapan pembelajaran kooperatif model mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya siswa kelas V SD 4 Pasuruhan Lor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yakni variabel bebas dan variabel terikat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Validitas dan reliabilitas digunakan peneliti untuk menguji kelayakan dari soal tes yang digunakan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadasaatkondisiawalsiswasebelummelakukantindakanmendapatketuntasanklasikalsebesar 26,67% dengan rata-rata 58,2 meningkatpadasiklus I menjadi 66,67% dengan rata-rata 66,67 danpadasiklus II meningkatmenjadi 86,67% dengan rata-rata 75,67. Aktivitasbelajarsiswasecaraindividupadasiklus I mendapat rata-rata 58,5% dengankualifikasi “cukup” meningkatpadasiklus II menjadi 76% dengankualifikasi “baik”. Simpulanpadapenelitianiniadalahpengunaan model pembelajaranMind Mapping dapatmeningkatkanhasilbelajar IPAsiswa, aktivitasbelajarsiswabaikindividumaupunkelompok, sertakinerja guru.Saran setelahdilakukanpenelitianiniialah (1)Siswaharuslebihmengembangkankeaktifan, kreativitas, danmotivasibelajaruntukmenambahpengetahuandanmeningkatkanhasilbelajar.(2) Guru dapatmenggunakan model pembelajaranmind mapping sebagaialternatif model dalampembelajaran.(3) Digunakansebagaipertimbangandalammemotivasi guru untukmelaksanakan proses pembelajaran yang efektifdanefisiendenganmenerapkanmodel mind mapping. (4) Penelitianinidiharapkanmampumemicuberkembangnyapenelitianpenelitianlain yang lebihkreatifdaninovatif, khususnyaterhadappembelajaran IPA.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: (i) Dr. Murtono, M.Pd., (ii) Khamdun, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Kata kunci: HasilBelajar IPA, Mind Mapping.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 Apr 2014 01:24
Last Modified: 16 Apr 2014 01:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2776

Actions (login required)

View Item View Item