Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 1 Japan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Argaruri, Yanuardhana (2014) Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 1 Japan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Update Test thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN SAMPUL]
Preview
PDF (HALAMAN SAMPUL)
01._HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (824kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
02._BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
03._BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
04._BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
05._BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
06._BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
07._BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (287kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara siswa dalam mengomentari persoalan faktual. Siswa kurang berminat dalam kegiatan berbicara dan siswa masih merasa malu berbicara untuk mengemukakan pendapatnya. Kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu guru dalam mengajar keterampilan berbicara masih bersifat konvensional membuat pembelajaran berbahasa menjadi membosankan. Berdasarkan permasalahan tersebut, digunakan model pembelajaran dalam pembelajaran mengomentari persoalan faktual. Model pembelajaran bermain peran merupakan model simulasi bermain peran secara berkelompok untuk melatih siswa berkomunikasi dalam bentuk peragaan peristiwa secara bergiliran yang dilaksanakan di dalam kelas atau di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Role Playing untuk meningkatkan aktivitas siswa dan kinerja guru kelas V SD Negeri 1 Japan serta untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam mengomentari persoalan faktual, dan (2) menemukan peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 1 Japan dalam mengomentari persoalan faktual dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi model Hopkins dengan jumlah 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Japan dengan jumlah 13 siswa. Instrument yang digunakan adalah berupa tes performance dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keberhasilan nilai keterampilan berbicara siswa dalam mengomentari persoalan faktual dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing yang cukup signifikan antara prasiklus (23%), siklus I (62%), dan siklus II (85%) dan didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa di atas KKM (75) pada materi mengomentari persoalan faktual siklus I (54%) dan siklus II (92%). Aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara dengan model pembelajaran Role Playing meningkat dari skor rata-rata siklus I 2,56 dengan kriteria baik menjadi 3,01 pada siklus II dengan kriteria baik. Aktivitas guru dalam pembelajaran dengan model role playing juga meningkat dari skor rata-rata siklus I 2,7 dengan kriteria baik menjadi 3,27 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara mengomentari persoalan faktual siswa kelas V SD Negeri 1 Japan. Untuk itu diharapkan siswa mengikuti pembelajaran berbicara dengan sungguh-sungguh, lebih berani, percaya diri, aktif dan kreatif agar siswa memiliki keterampilan berbicara yang baik. Bagi guru selalu mengembangkan kemampuan dirinya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi misalnya, model pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Bagi sekolah hendaknya memfasilitasi proses pembelajaran dengan melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Bagi peneliti lain yang akan melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara untuk mempertimbangkan penerapan model pembelajaran Role Playing yang sudah terbukti dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: (1) Dr. Murtono, M.Pd., (2) Eka Zuliana, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kata kunci: Model Pembelajaran Role Playing, Keterampilan Berbicara
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Apr 2014 01:53
Last Modified: 02 May 2015 03:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2841

Actions (login required)

View Item View Item