Upaya Mengurangi Kegemaran Menonton Tayangan Kekerasan Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI PM SMK Tamansiswa Kudus Tahun 2012/2013

Sudaryanti, Elisa Dwi (2014) Upaya Mengurangi Kegemaran Menonton Tayangan Kekerasan Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI PM SMK Tamansiswa Kudus Tahun 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Sampul) - Accepted Version
Download (784kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (162kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (209kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (278kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (383kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (83kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (33kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (109kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ada di SMK Tamansiswa Kudus bahwa ada beberapa siswa kelas XI PM yang memiliki kegemaran menonton tayangan kekerasan yang tinggi. Tingginya kegemaran siswa dalam menonton tayangan kekerasan disebabkan oleh banyaknya acara di televisi yang menayangkan adegan kekerasan, kurangnya pengawasan orang tua, siswa mudah tersinggung dan juga siswa suka berkelahi. Oleh karena itu diperlukan layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi tingginya kegemaran menonton tayangan kekerasan siswa. Permasalahan yang diteliti: Apakah layanan bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi kegemaran menonton tayangan kekerasan di TV pada siswa kelas XI PM SMK Tamansiswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Siswa kelas XI PM SMK Tamansiswa dapat memahami arti tentang upaya mengurangi kegemaran menonton tayangan kekerasan melalui layanan bimbingan kelompok. (2) Siswa kelas XI PM SMK Tamansiswa dapat mengurangi kegemaran menonton tayangan kekerasan melalui bimbingan kelompok. (3) Siswa kelas XI PM SMK Tamansiswa terhindar dari dampak menonton tayangan kekerasan melalui bimbingan kelompok. Adapun kegunaan penelitian ini adalah 1. Kegunaan Teoritis: hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kegemaran menonton tayangan kekerasan di TV, sehingga dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dibidang bimbingan dan konseling. 2. Kegunaan Praktis Peneliti: a. Bagi Kepala Sekolah, bimbingan kelompok sebagai strategi dalam meminimalisir kegemaran menonton tayangan kekerasan di TV, maka dapat dilakukan pemantauan kepada para siswa yang melakukan tindakan-tindakan negatif. b. Bagi Konselor agar termotivasi dalam melaksanakan bimbingan kelompok dalam rangka membantu siswa untuk melakukan hal-hal yang positif. c. Bagi Guru Mata Pelajaran, diharapkan dapat memberikan arahan pada saat melakukan kegiatan belajar mengajar kepada para siswa dengan baik agar tidak mempunyai perilaku yang merugikan orang lain. d. Bagi Siswa, bagi peserta didik dapat menghindari/menyelesaikan masalah yang dialami yaitu mengurangi kegemaran menonton tayangan kekerasan di TV melalui layangan bimbingan kelompok. e. Bagi Peneliti, merupakan suatu pengalaman yang berharga karena peneliti berhasil melakukan penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI PM SMK Tamansiswa Kudus, sebanyak 8 siswa yang mempunyai kegemaran menonton tayangan kekerasan diperoleh melalui wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan Kegemaran menonton tayangan kekerasan (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan kualitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan dengan alokasi waktu 45 menit (1 jam mata pelajaran). Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan, 8 siswa dalam mengurangi kegemaran menonton tayangan kekerasan siswa pada kondisi awal masih sangat rendah yaitu dalam kategori sangat kurang dengan perolehan skor rata-rata 16,8%. Sedangkan pada siklus I mengurangi kegemaran menonton tayangan kekerasan siswa mengalami peningkatan menjadi kategori cukup dengan perolehan skor rata-rata 41,1%. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan menjadi sangat baik dengan perolehan skor rata-rata 80,5%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi serta tanya jawab dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi kegemaran menonton tayangan kekerasan pada siswa kelas XI PM SMK Tamansiswa Kudus. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah (1) Kepala Sekolah: dengan adanya dampak positif dari layanan bimbingan kelompok ini diharapkan kepala sekolah dapat mendukung adanya layanan bimbingan kelompok ini. (2) Guru Pembimbing (Konselor sekolah): Diharapkan dapat memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan bimbingan kelompok. Agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat membantu mengurangi kegemaran menonton tayangan kekerasan siswa melalui layanan bimbingan kelompok. (3) Siswa: Siswa harus menyadari akan pentingnya dampak yang ditimbulkan dari menonton tayangan kekerasan ini terutama di sekolah supaya dapat melatih di kehidupan masa depan yang akan datang di lingkungan masyarakat yang lebih luas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. , Pembimbing 2:Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kegemaran Menonton Kekerasan, Bimbingan Kelompok
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Aspek profesional administasi dan pengajaran di sekolah. Bimbingan vokasional
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 26 Apr 2014 02:10
Last Modified: 26 Apr 2014 02:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2842

Actions (login required)

View Item View Item