. Peningkatan Keterampilan Membaca Lancar dan Melengkapi Cerita Rumpang Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Tema Kegiatan Sehari-Hari Siswa Kelas II Sd 4 Karang Malang.

Setiyarini, Eko Vita (2014) . Peningkatan Keterampilan Membaca Lancar dan Melengkapi Cerita Rumpang Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Tema Kegiatan Sehari-Hari Siswa Kelas II Sd 4 Karang Malang. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img] PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (129kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (330kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (879kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (353kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (137kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (93kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (19MB) | Request a copy

Abstrak

Mata pelajaran bahasa Indonesia sudah mulai diajarkan pada jenjang Sekolah Dasar baik di kelas rendah (kelas 1, 2, 3) maupun di kelas tinggi (kelas 4, 5, 6). Dari keempat aspek berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis, aspek menulis merupakan keterampilan berbahasa yang kompleks. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw untuk pembelajaran keterampilan membaca? (2) Apakah terjadi peningkatan keterampilan membaca dalam melengkapi cerita rumpang bahasa Indonesia dengan diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw untuk keterampilan membaca. (2) Menemukan peningkatan keterampilan membaca dalam melengkapi cerita rumpang bahasa Indonesia dengan diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw. Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis. Pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw mengarahkan siswa untuk berdiskusi secara berkelompok meliputi kelompok asal dan kelompok ahli kemudian hasil diskusi dipresentasikan di depan kelas. Dengan cara seperti ini siswa akan terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Pengalaman belajar yang diperoleh siswa selama proses pembelajaran, akan mudah diingat dan mungkin bisa diterapkan dalam permasalahan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk peningkatan hasil belajar tema kegiatan sehari-hari siswa kelas II SD 4 Karang Malang Kudus Tahun pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 9 siswa (4 laki-laki dan 5 perempuan). Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan tes hasil akhir. Metode wawancara dan observasi digunakan untuk mengetahui kondisi sekolah dan kondisi siswa sebelum tindakan penelitian dilaksanakan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yakni variabel bebas dan variabel terikat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Siswa yang tuntas harus menunjukan nilai minimal 60 di tes akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa banyaknya siswa yang tuntas hanya 5 dari 9 siswa atau 56% dengan nilai rata-rata 58,2. Setelah diterapkan tindakan pada siklus I siswa yang mengalami ketuntasan dalam belajar menjadi 6 dari 9 siswa atau 67% dengan nilai rata-rata 62. Kemudian diterapkan tindakan siklus II dengan tindakan yang sama memperoleh hasil 7 dari 9 siswa atau 78% dari jumalh seluruh siswa dengan nilai rata-rata 70,4. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas II SD 4 Karang Malang Kudus dapat meningkat dan berhasil dengan baik setelah digunakannya model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw. Saran setelah dilakukan penelitian ini ialah (1) Siswa harus lebih mengembangkan keaktifan, kreativitas, dan motivasi belajar untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan hasil belajar. (2) Guru dapat menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw sebagai alternatif metode dalam pembelajaran dan dapat mengenalkan model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw kepada guru lain guna menyajikan pembelajaran dengan cara yang menarik sehingga dapat meningkatkan belajar siswa. (3) setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw diharapkan peneliti lebih memahami arti model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw agar tercipta hasil belajar yang baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: (i) Dr. Murtono, M.Pd., (ii) Eka Zuliana, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan Membaca Lancar dan Melengkapi Cerita Rumpang, Cooperative Learning Tipe Jigsaw
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 26 Apr 2014 02:26
Last Modified: 02 May 2015 03:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2843

Actions (login required)

View Item View Item