Mengatasi Kenakalan Remaja Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Menggunakan Media Visual Pada Siswa Kelas XI PM Taman Siswa Kudus Tahun 2012/2013

Kusuma Dewi, Susiana Tri (2014) Mengatasi Kenakalan Remaja Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Menggunakan Media Visual Pada Siswa Kelas XI PM Taman Siswa Kudus Tahun 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Sampul) - Accepted Version
Download (465kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (251kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (251kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (323kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (693kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (159kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (107kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (94kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi masih adanya sebagian siswa kelas XI PM SMK Taman Siswa Kudus yang mempunyai tingkat kenakalan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengatasi kenakalan melalui layanan bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan dan konseling yang akan digunakan untuk mengatasi kenakalan adalah layanan penguasaan konten. Dalam penelitian ini, rumusan masalah adalah: Apakah Layanan Penguasaan Konten dapat Mengatasi kenakalan siswa XI PM SMK Taman Siswa Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mendisikripsikan perubahan perilaku sesudah mendapat Layanan Penguasaan Konten. 2. Mendisikripsikan ketrampilan konselor pada Layanan Penguasaan Konten. Kegunaan teoritis: Hasil dari penelitian ini akan memberikan sumbangan pemikiran dan memperluas bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya bimbingan dan konseling tentang layanan penguasaan konten untuk dapat membina siswa mengatasi kenakalan siswa. Selain itu penelitian ini juga dapat dijadikan dasar untuk penelitian selanjutnya. Kegunaan praktisnya: 1. Dapat digunakan kepala sekolah sebagai penentuan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. 2. Dapat digunakan guru pembimbing sebagai panduan untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling untuk mengatasi kenakalan remaja XI PM SMK Taman Siswa Kudus. Sesuai judul penelitian, maka ruang lingkup penelitian adalah Kenakalan Remaja dan Layanan Penguasaan Konten. Hipotesis dalam penelitian ini: “Penggunaan Layanan Penguasaan Konten dapat mengatasi kenakalan remaja bagi siswa kelas XI PM SMK Taman Siswa Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini adalah PTK BK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak 2 siklus, setiap siklus sebanyak 3 kali pertemuan. Variabel penelitian ini adalah: variabel X (layanan penguasaan konten) dan variabel Y (kenakalan remaja). Subyek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 siswa. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan layanan penguasaan konten dengan kenakalan tinggi hasil diketahui 4 siswa dalam kategori cukup dengan tingkatan skor 11 – 15, 6 siswa dalm kategori tinggi dengan kategori skor 6 – 10, dan 5 siswa dalm kategori sangat rendah dengan tingkatan 1 – 5. Setelah diberi layanan penguasaan konten terjadinya kenakalan remaja menurun, dalam siklus satu dengan hasil yang diperoleh perubahan 3 siswa dengan kategori baik, 8 siswa dengn kategori cukup dan 3 siswa dengan kategori tinggi, 1 siswa dengan kategori rendah. Sedangkan pada siklus II terjadinya kenakalan menurun dengan hasil yang diperoleh 6 siswa dikategorikan kurang dengan skor 18 – 20 dan 8 siswa dalam kategori sangat kurang dengan skor nilai 21 – 24. Hasil observasi layanan penguasaan konten indikator high tech disiklus I ini memperoleh hasil rata – rata 60,3 ,sedangkan pada indikator high touch disiklus I ini memperoleh hasil rata-rata 60. Pada siklus II aktivitas peneliti indikator high touch memperoleh hasil rata- rata 80,3 pada indikator high touch di siklus I ini memperoleh hasil rata – rata 60, ada peningkatan sebesar 17. Sedangkan pada indikator di siklus I memperoleh hasil rata-rata 61,3 dan siklus II ini memperoleh hasil rata – rata 82,6 pada indikator high tech terjadi peningkatan sebesar 21,3. Hal ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten dapat menurunkan terjadinya kenakalan pada kelas XI PM SMK Taman Siswa Kudus Tahun ajaran 2012/2013. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah (1) Kepala Sekolah: hendaknya memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung agar program Bimbingan dan Konseling dapat terlaksana dengan baik. (2) Konselor: Hendaknya semakin membuka wawasan dan menambah pengetahuan tentang dunia bimbingan dan konseling. Konselor perlu meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling, serta menjadi tenaga yang kompeten dalam bidangnya. (3) Siswa: Hendaknya selalu berusaha untuk mengembangkan dirinya menjadi lebih baik dalam kehidupan pribadi, social, belajar dan karirnya, serta mengikuti layanan bimbingan dan konseling dengan baik

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1:Dr. Sukiman, M.Pd., Pembimbing 2:Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons.
Uncontrolled Keywords: Kenakalan Remaja, Layanan Penguasaan Konten
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Aspek profesional administasi dan pengajaran di sekolah. Bimbingan vokasional
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 26 Apr 2014 02:56
Last Modified: 26 Apr 2014 02:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item