Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Student Teams Achievement Division Dalam Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD 3 Karangbener Kudus.

Shiddiq, Muhammad Jauhar (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Student Teams Achievement Division Dalam Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD 3 Karangbener Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (629kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (53kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (91kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (165kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (89kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (750kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (35kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (33kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Shiddiq, Muhammad Jauhar. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Student Teams Achievement Division Dalam Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD 3 Karangbener Kudus. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd., (ii) Aisyah Nur Sayidatun Nisa’, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Hasil pengamatan pada siswa SD 3 Karangbener Kecamatan Bae Kabupaten Kudus, menunjukkan bahwa hasil belajar IPS rendah dikarenakan pembelajaran yang digunakan bersifat berpusat pada guru. Untuk meningkatkan hasil belajar diperlukan model pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Tujuan penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Semester I SD 3 Karangbener pada materi menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu, Budha, dan Islam di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divison. Model pembelajaran Student Teams Achievement Division merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil yang jumlah anggota tiap kelompoknya 4-5 orang siswa secara heterogen. Student Teams Achievement Division terdiri atas lima komponen (1) presentasi kelas, (2) tim, (3) kuis, (4) skor kemajuan individual, dan (5) rekognisi tim. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Langkah PTK ini meliputi dua siklus, setiap siklus terdiri empat tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi guru dan 22 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar klasikal siswa dari prasiklus 59,10%, dan siklus I sebesar 72,72% siklus II mencapai 95,45%. Keterampilan guru dan Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase 69,7% dan siklus II persentase 81,03% terjadi peningkatan sebesar 11,33%, dengan kategori baik. Aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh persentase 69,7% dan siklus II 78,9% dengan kriteria baik, terjadi peningkatan sebesar 9,2%. Simpulan dari hasil penelitian yakni hasil belajar IPS materi menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu, Budha, dan Islam di Indonesia di SD 3 Karangbener menggunakan model Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar. Peneliti menyarankan bagi guru-guru Sekolah Dasar dalam melaksanakan pembelajaran sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai agar siswa lebih paham dan pembelajaran lebih efektif, menyenangkan, dan siswa pun menjadi tidak cepat bosan sehingga hasil belajar yang diperoleh bisa maksimal. Dan bagi peneliti lain diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian lain yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran IPS.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: (i) Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd., (ii) Aisyah Nur Sayidatun Nisa’, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 26 Apr 2014 02:51
Last Modified: 02 May 2015 03:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2846

Actions (login required)

View Item View Item